Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Fosil Kepala Banteng Purba Ditemukan di Lokasi Museum Lapangan Banjarejo Grobogan

Benda purbakala berwujud kepala banteng purba ditemukan di lokasi pembangunan museum lapangan Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Sabtu (4/11/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah fosil purbakala kembali ditemukan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan. Penemuan ini terjadi secara tidak sengaja. Yakni, saat para pekerja melakukan penggalian tanah untuk fondasi museum lapangan di Dusun Kuwojo.

Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik menyatakan, fosil yang ditemukan berupa kepala banteng purba dengan kondisi cukup bagus. Artinya, sebagian besar bagian tubuhnya masih ada.

Fosil tersebut ditemukan pekerja saat akan menggali tanah untuk fondasi cakar ayam di sisi timur laut. Saat menggali pada kedalaman sekitar 1 meter, cangkul yang dipakai salah satu pekerja mengenai benda keras.

”Pekerja itu kemudian melaporkan pada anggota komunitas peduli fosil yang ikut memonitor pembangunan museum lapangan. Setelah dicek, benda keras itu ternyata potongan fosil hewan purba,” katanya, Sabtu (4/11/2017).

Setelah ada potongan fosil yang muncul, aktivitas penggalian dilanjutkan secara manual dengan tangan. Akhirnya, beberapa potongan fosil lain berhasil didapat dilokasi tersebut.

Setelah ditata, bentuk fosil merupakan potongan tubuh banteng bagian kepala. Potongan fosil juga terdapat bagian tanduknya. Ukuran fosil antar ujung tanduk panjangnya sekitar 1 meter. Kemudian tinggi bagian mulut hingga kepala sekitar 45 cm.

”Tahun lalu, sudah pernah ditemukan fosil kepala banteng yang bentuknya seperti ini. Namun, penemuan terbaru ini ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan yang dulu. Penemuan fosil baru ini sudah kita koordinasikan dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.