Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Grobogan Bakal Bikin Rekor Muri Pembuatan Tempe Terbesar dari Kedelai Lokal

Kepala Dinas Pertanian TPH Grobogan Edhie Sudaryanto saat menjelaskan proses pembuatan tempe higienis di RKG. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, GroboganPemkab Grobogan saat ini sedang menyiapkan acara untuk menciptakan sebuah rekor Muri. Bentuknya adalah pembuatan tempe terbesar dari bahan baku kedelai lokal.

Pernyataan itu disampaikan Kabag Perekonomian Pemkab Grobogan Pradana Setiawan, Jumat (3/11/2017).

Menurut Pradana, pembuatan tempe terbesar nanti direncanakan berukuran 9 x 12 meter. Untuk pembuatan tempe sebesar ini dibutuhkan bahan baku kedelai sekitar 2 ton.

“Bahan baku pembuatan tempe untuk rekor Muri kita pilih dari kedelai lokal. Saat ini konsep untuk mencitpakan rekor Muri sedang kita matangkan,” cetusnya.

Pembuatan tempe sengaja dipilih dengan bahan baku kedelai lokal yang saat ini sedang dikembangkan Pemkab Grobogan. Penggunaan bahan kedelai lokal ini salah satu tujuannya untuk mengurangi ketergantungan dengan barang impor.

Ia menjelaskan, pembuatan tempe terbesar akan dilangsungkan bersamaan dengan penyelenggaraan Pameran Ekonomi Kreatif Grobogan selama 4 hari. Yakni, dari 30 november hingga 3 Desember mendatang di alun-alun Purwodadi.

Dalam pamera nanti akan ditiampilkan produk ekonomi kreatif yang ada di Grobogan. Produk ekonomi kreatif akan mencakup 16 sub sektor yang ditepatkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...