Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dishub: Angkutan Daring di Jepara Wajib Taati Permenhub 108 Tahun 2017

Pengemudi ojek online saat berada di Jepara. (Facebook)

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara mengatakan setiap mobil angkutan berbasis daring di Bumi Kartini harus menaati Permenhub 108/2017, tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Perusahaan angkutan dan pemilik aplikasi daring (online) diberi tenggat waktu 3 bulan untuk melaksanakannya. 

Kabid Perhubungan Darat Dishub Jepara Setyo Adhi mengatakan, ada sembilan hal yang direvisi dalam peraturan menteri tersebut. Diantaranya penentuan argometer taksi, tarif, penentuan wilayah operasi dan kuota kendaraan. 

“Kita di daerah tinggal melaksanakan saja,” katanya, Jumat (3/11/2017).

Menurut Adhi, di Jepara saat ini baru satu aplikasi angkutan sewa khusus berdasarkan daring yang beroperasi. Namun demikian, ia tak memerinci berapa jumlah taksi daring yang telah ada di wilayahnya. 

Ia menyebut, pembagian wewenang dibagi dua yakni pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Pemprov diberi kewenangan mengatur wilayah operasi dan kuota kendaraan. Sementara pengaturan argometer taksi dan tarif dilaksanakan pemerintah pusat. 

“Yang perlu ditekankan, perusahaan aplikasi dilarang merekrut pengemudi, menetapkan tarif ataupun memberikan promosi tarif dibawah batas bawah yang telah ditetapkan,” urainya. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...