Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pak Haji Penjual Miras Oplosan Asal Mlonggo Jepara Dikenai Pasal Berlapis

Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho sedang memberikan keterangan kepada awak media di Mapolres Jepara, Kamis (2/11/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Sutarno (54), haji asal Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo, Jepara, yang terus nekat menjual miras oplosan bakal dijerat pasal berlapis. Ia terancam hukuman pidana maksimal 15 tahun. 

“Ia (tersangka) kini dikenakan pasal berlapis, karena saat dijerat perda tentang miras  (tipiring) dirinya kembali mengulangi perbuatannya. Untuk memberikan efek jera, tersangka dikenakan Pasal 204 KUHP dan Pasal 142 UU 18/2012 tentang pangan,” ujar Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Kamis (2/11/2017).

Kapolres Jepara mengatakan, perbuatan tersangka dinilai membahayakan bagi kesehatan masyarakat. Karena dengan menjual miras oplosan, kandungan alkohol dan bahan-bahan lain justru tidak ada standarnya dan lebih berbahaya dari miras pabrikan yang ada dipasaran. 

Menurutnya, pengenaan pasal ini nantinya akan diterapkan kepada semua pengoplos minuman keras. Hal itu dilakukan untuk melindungi kesehatan masyarakat.

Sementara itu Sutarno mengaku kini tak lagi menjual miras. Namun demikian pada pengakuan sebelumnya, ia menjual produknya kepada siapa saja yang menginginkannya.

Baca :Guyonan Berujung Maut, Pria di Semarang Tewas Dihantam Linggis Temannya

Dirinya mengaku, menjual miras oplosan, yang dicampur dengan susu , telur ataupun ginseng. Untuk kemasan seliter dijualnya dengan harga Rp 50 ribu, ukuran sedang Rp 35 ribu dan paling kecil Rp 25 ribu.

Tersangka diancam hukuman maksimal 15 tahun karena melanggar pasal 204 KUHP dan dua tahun maksimal karena melanggar pasal 142 UU 18/2012 tentang pangan. Kini kasusnya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jepara.

Editor : Ali Muntoha

RALAT : Sebelumnya judul berbunyi “Pak Haji Penjual Miras Oplosan Asal Bangsri Jepara Dikenai Pasal Berlapis” kami ralat. Yang benar pelaku penjual miras berasal dari Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo, Jepara. 

Comments
Loading...