Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

UNIK, Polisi Berkostum Superhero Bikin Geger Jalan Raya di Grobogan

Kanit Patroli Polres Grobogan Ipda Affandi berkostum Ksatria Baja Hitam menghentikan pengendara motor saat menggelar razia di selatan bundaran Simpanglima Purwodadi, Rabu (1/11/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Para pengendara motor atau mobil biasanya sempat merasa deg-degan ketika ada razia yang dilakukan pihak kepolisian. Namun, kondisi berbeda terjadi saat anggota Polres Grobogan menggelar razia hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2017 di selatan bundaran Simpanglima Purwodadi, Rabu (1/11/2017).

Saat razia berlangsung, para pengendara justru dibuat kaget dan akhirnya tertawa terbaha-bahak. Hal ini disebabkan, beberapa anggota Satlantas Polres Grobogan yang berkostum tiga tokoh kartun hero saat menggelar operasi simpatik tersebut. Yakni, Kstaria Baja Hitam, Batman, dan Star Wars.

Awalnya, beberapa pengendara sempat kaget ketika ada orang yang menutup wajahnya dengan topeng meminta mereka berhenti. Semula, mereka sempat mengira kalau itu bukan polisi beneran. Namun, setelah dijelaskan anggota lainnya yang memakai seragam lengkap, beberapa pengendara langsung tertawa lepas.

”Baru kali ini, saya lihat ada polisi pakai kostum begini saat operasi. Saya cukup salut dengan kreasi yang dilakukan petugas saat melakukan razia. Soalnya, saya jadi tidak merasa tegang ketika diminta berhenti petugas,” kata Arnita, salah seorang pengendara motor yang sempat diminta menepi oleh Ksatria Baja Hitam.

Usai diperiksa petugas unik, sejumlah pengendara bahkan sempat minta foto bareng dengan polisi berkostum tokoh kartun itu. Tidak hanya pengendara yang tertib saja, beberapa pengendara yang terpaksa kena sanksi tilang juga minta foto bareng petugas.

Salah satu anggota Polres Grobogan berkostum Batman saat beraksi dalam razia lalulintas di grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa menyatakan, dalam pembukaan operasi zebra candi 2017 ini, memang ada beberapa petugas yang mengenakan kostum tokoh kartun. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan kesan kalau pelaksanaan razia itu suatu kegiatan yang menakutkan.

”Kali ini ada anggota yang sengaja memakai kostum kartun saat razia. Tujuannya, supaya pengendara tidak tegang atau takut ketika ada kegiatan tersebut. Pelaksanaan operasi zebra candi 2017 akan berlangsung hingga 14 November,” jelasnya.

Sementara itu, Kanit Patroli Ipda Affandi menambahkan, dalam razia yang dilangsungkan tadi, masih banyak pengendara yang terjaring pelanggaran. Sedikitnya, ada 50 pengendara yang dikenakan sanksi tilang.

Dalam kegiatan ini, pihaknya memang mengedepankan penindakan berupa tilang bagi pengendara yang melanggar. Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor agar patuh terhadap aturan lalu lintas. Terutama terkait kelengkapan surat-surat berkendara seperti surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

”Kegiatan ini kita lakukan sebagai upaya terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas,” imbuh Affandi yang memakai kostum Ksatria Baja Hitam dalam razia tersebut.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...