Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ribuan Pelajar di Grobogan Nobar Film G30S/PKI di GOR Simpanglima Purwodadi

Ribuan pelajar memenuhi GOR Simpanglima Purwodadi untuk nobar film pengkhianatan G30S/PKI, Sabtu (30/9/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Ribuan pelajar memenuhi GOR Simpanglima Purwodadi, Sabtu (30/9/2017). Kedatangan pelajar di tempat itu bukan dalam rangka mendukung pertandingan olahraga seperti biasanya.

Mereka hadir di GOR dalam rangka nonton bareng (nobar) pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI. Pemutaran film merupakan kerja bareng antara Kodim 0717 Purwodadi dengan Forum Komunikasi Muslim Grobogan (FKMG).

Acara nobar juga dihadiri perwakilan FKPD Grobogan serta sejumlah pejabat Pemkab Grobogan. Tampak pula, pimpinan BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan organisasi kemasyarakatan.

Meski suasana GOR cukup panas karena penuh orang, namun para pelajar terlihat menikmati pemutaran film yang belum pernah mereka saksikan sebelumnya. Saat pemutaran film, sejumlah pelajar terlihat cukup tegang menyimak adegan yang terlihat.

“Film G30S/PKI ini sudah sering saya dengar dari orang tua. Tapi baru sekarang ini bisa nonton filmnya,” kata Ariyanto, salah seorang pelajar.

Dandim 0717 Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning mengungkapkan, pihaknya sudah melaksanakan pemutaran film tersebut sejak tanggal 20 September lalu. Puncak pemutaran film dilangsungkan di GOR Purwodadi.

“Pemutaran film paling ramai memang hari ini. Ada ribuan orang yang nonton. Perkiraaan saya, penonton di GOR lebih 4 ribu,” katanya.

Menurutnya, total pemutaran film yang dilakukan ada 102 titik yang tersebar di 19 kecamatan atau wilayah koramil. Dalam pemutaran film itu totalnya ada sekitar 40 ribu penonton.

“Pemutaran film ini dilakukan agar masyarakat khususnya generasi muda mengerti sejarah atau peristiwa yang terjadi di negeri ini. Salah satunya, sejarah kelam tentang pengkhianatan G30S/PKI,” tegasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...