Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sungai Silugangga Juwana Mulai Menyempit, Ini yang Dilakukan Anggota TNI

Anggota Koramil Juwana membersihkan sampah di kawasan Sungai Silugangga, Jumat (29/9/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sungai Silugangga Juwana yang bermuara di Laut Utara Jawa saat ini mulai menyempit. Selain faktor sedimentasi, pendangkalan dan penyempitan disebabkan sampah yang menumpuk.

Akibat penyempitan dan pendangkalan, akses untuk kapal-kapal yang berlabuh di Sungai Silugangga terganggu. Jika dibiarkan, kondisi itu akan menggangu pendapatan ekonomi di sektor perikanan.

Hal tersebut yang membuat anggota TNI AD dari Koramil Juwana melakukan aksi bersih-bersih sampah di Sungai Silugangga, Jumat (29/9/2017). Aksi itu juga melibatkan polisi dan masyarakat.

“Selain daerah agraria, Pati itu wilayah maritim. Sebagian besar ekonominya juga ditopang dari hasil laut. Kalau akses kapal tersumbat karena sampah, ini jelas berbahaya,” ucap Danramil Juwana Kapten Inf Yahudi.

Karena itu, dia mengerahkan sedikitnya 70 orang dari TNI, polisi, kecamatan, syahbandar, keamanan laut, TPI dan masyarakat untuk bergotong-royong membersihkan sampah yang menyumbat Sungai Silugangga.

Dia berharap, masyarakat Kabupaten Pati semakin sadar untuk tidak membuang sampah di sungai. Pasalnya, muara Sungai Silugangga menjadi pusat bagi berlabuhnya kapal-kapal nelayan.

Terlebih, penyumbatan sungai Silugangga mengakibatkan banjir besar yang melanda sejumlah kecamatan di Pati pada musim penghujan.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...