Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Desa Wonosekar Pati Jadi Percontohan Perilaku Hidup Sehat Tingkat Jawa Tengah

Bupati Pati Haryanto bersama tim penilai PHBS Jawa Tengah mengunjungi Desa Wonosekar, Tlogowungu, Pati, Selasa (26/9/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Desa Wonosekar, Kecamatan Gembong menjadi salah satu di antara tiga desa yang menjadi percontohan dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Jawa Tengah 2017.

Sebelumnya, Desa Wonosekar ditetapkan sebagai pemenang dalam lomba PHBS di tingkat kabupaten. Setelah diajukan ke tingkat Jawa Tengah, Desa Wonosekar masuk nominasi tiga besar.

“Tim penilai dari provinsi sudah melakukan penilaian. Kami berharap, Desa Wonosekar yang mewakili Kabupaten Pati mendapatkan nilai tertinggi sehingga bisa maju ke tingkat nasional,” ujar Bupati Pati Haryanto.

Selama ini, Desa Wonosekar sudah banyak mendapatkan dukungan dari Pemkab Pati untuk program PHBS Kesehatan. Salah satunya, gerakan cuci tangan dengan sabun, serta penunjang sarana dan prasarana kesehatan.

Berbagai pihak juga dilibatkan untuk mendukung program PHBS di Desa Wonosekar, seperti Posyandu, Pemuda Siaga Sehat, dan Kader Pemantau Jentik Nyamuk.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pati Musus Indarnani menambahkan, Pati patut berbangga karena masuk nominasi tiga besar di tingkat Jawa Tengah. Menurutnya, perolehan itu cukup membanggakan.

Kendati demikian, dia berharap Pati bisa meraih nilai paling tinggi dari dua kandidat lainnya sehingga bisa melaju di tingkat nasional. Selain persoalan lomba, Musus menegaskan jika program itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat Wonosekar agar dicontoh desa lainnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...