Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PNS yang Disakiti Eks Wali Kota Tegal Bunda Sitha, Hari Ini Dilantik

Sebelas pejabat Pemerintah Kota Tegal (Pemkot) nonjob akhirnya dilantik di Pendapa Ki Gede Sebayu kompleks Balai Kota Tegal, Selasa (26/9/2017). (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Tegal – Pascapenangkapan eks Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno alias Bunda Sitha pada operasi senyap KPK, beberapa waktu lalu, kini para pejabat PNS yang tersakiti alias nonjob bisa kembali ceria. Karena, per hari ini Selasa (26/9/2017), sebelas pejabat PNS nonjob dilantik di Pendapa Ki Gede Sebayu Pemkot Tegal.

Senyum mengembang tampak terpancar di wajah pejabat eselon. Tepatnya saat Plt Wali Kota Tegal, Nursholeh melantik mereka. Usai dilantik, mereka akan dikembalikan menempati jabatan sesuai pangkat dan golongan seperti instruksi putusan pengadilan. Pihaknya berterima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri yang tak henti semangat menata birokrasi. Hingga akhirnya pelantikan bisa dilakukan secepatnya.

BacaWali Kota Tegal Ditangkap KPK Terkait Suap Proyek Pembangunan ICU Rumah Sakit

“Sebelumnya tidak diperkenankan peraturan perundangan yaitu UU No 10 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Wali Kota kecuali sesuai izin kementerian,” kata Nursholeh.

Sementara untuk para PNS yang telah dilantik, Nursholeh berharap agar bisa kembali bekerja dengan memperlihatkan kinerja terbaik. Pihaknya juga meminta mereka untuk melupakan masa lalu dan mendukung jalannya pemerintahan sekarang. 

BacaKPK Periksa Sejumlah Pejabat Pemkot Tegal Terkait Korupsi Siti Masitha

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta jabatan para aparatur sipil negara yang di-nonjob-kan harus dikembalikan. Mereka harus menduduki jabatan semula seperti yang diperintahkan pengadilan.

“Yang nonjob itu harus dikembalikan sesuai keputusan pengadilan. Sebagai bentuk konstitusionalisme,” kata Ganjar saat memberikan pengarahan kepada ratusan ASN di Kota Tegal, Kamis (31/8/2017).

 

Sebelas pejabat Pemerintah Kota Tegal (Pemkot) nonjob akhirnya dilantik di Pendapa Ki Gede Sebayu kompleks Balai Kota Tegal, Selasa (26/9/2017). (MuriaNewsCom)

 

Seperti diketahui, PNS nonjob bermula ketika mereka mengkritik kepemimpinan Bunda Sitha. Pemerintahan Bunda Sitha dianggap tidak berjalan dengan baik. Bunda Sitha juga disebut berlaku arogan dan sewenang-wenang terhadap aparat birokrasi di lingkungan Pemkot Tegal. Kritikan tersebut berdampak serius. Pada 21 April 2015, Sitha menerbitkan Surat Keterangan (SK) nonjob dan pembebasan jabatan kepada PNS eselon dua dan tiga.

PNS nonjob kemudian mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang dan menang. Masitha banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Surabaya namun kemenangan tetap berpihak pada PNS.

Hingga Masitha mengajukan peninjauan kembali ke Mahmakah Agung, keputusan tetap berpihak PNS. Meski demikian, sejak putusan berkekuatan tetap pada 2016, Masitha tak juga mengembalikan jabatannya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...