Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Terbitkan Ensiklopedi Toponimi Jepara

Ensiklopedi Toponimi Kabupaten Jepara buata Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah menerbitkan buku bertajuk “Ensiklopedi Toponimi Kabupaten Jepara”. Sesuai tajuknya toponimi atau asal usul nama suatu tempat dan tipologisnya, buku ini berisi tentang sejarah mengenai desa-desa ataupun situs yang terdapat di Bumi Kartini. 

Hadi Priyanto ketua tim penulis buku ini mengatakan, di dalamnya terdapat 46 kisah asal usul nama tempat dan even budaya yang ada di Jepara. Selain itu, pada buku setebal 120 halaman itu,  terdapat pula penjelasan mengenai prosesi lomban, Perang Obor, Gong Senin hingga nama-nama desa. 

Ia menduga, ada kecenderungan masyarakat mengabaikan sejarah dan seni budaya lokal. Oleh karenanya banyak sejarah terkait asal-usul suatu tempat atau event yang berangsur hilang dari ingatan sebagian orang.

“Harapan kami buku ini bisa mengisi kekosongan bahan pustaka tentang sejarah lokal. Dengan demikian kita dapat belajar dari sejarah lokal,” ujarnya Sabtu (23/9/2017). 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Gatot Bambang Hastowo mengatakan, dengan terbitnya buku tersebut mampu menggugah warga untuk dapat melestarikan sejarah dan budaya lokalnya. Disamping itu, pihaknya juga ingin agar kabupaten lain di Jawa Tengah dapat membukukan sejarah daerahnya sendiri.

Sekretaris Daerah Jepara M. Sholih mengapresiasi penerbitan buku tersebut, namun demikian kedepan agar buku tersebut lebih dilengkapi. “Semoga di masa depan buku ini dapat dilengkapi dengan kisah berdirinya desa-desa di Jepara,” ungkapnya. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...