Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

4 Desa di Kecamatan Batangan Pati Digelontor 18 Tangki Air Bersih

Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan dan jajarannya dibantu anggota TNI AD mendistribusikan bantuan air bersih di empat desa di Kecamatan Batangan, Pati, Sabtu (23/9/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak empat desa di Kecamatan Batangan mendapatkan bantuan air bersih sebanyak 18 tangki. Bantuan dari Anggota DPR Firman Soebagyo dan Polres Pati itu didistribusikan pada Sabtu (23/9/2017).

Empat desa yang mendapat bantuan, antara lain Desa Ngening, Lengkong, Gajah Kumpul, dan Pecangaan. Keempat desa tersebut mengalami kekeringan yang cukup parah, sehingga perlu mendapatkan bantuan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Pati untuk menentukan daerah mana yang rawan kekeringan dan warganya betul-betul membutuhkan. Akhirnya ada empat desa yang kami bantu,” ujar Firman.

Setiap tangki berisi 5.000 liter air bersih, sehingga total air bersih yang didistribusikan sebanyak 90.000 liter. Air sebanyak itu disalurkan kepada lebih dari 750 warga.

Rinciannya, Desa Ngening dan Pecangaan mendapatkan lima tangki air bersih. Sementara Desa Lengkong dan Gajahkumpul mendapatkan empat tangki air bersih.

Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan menambahkan, warga di empat desa tersebut selama ini kerap kekurangan air bersih saat musim kemarau melanda. Berbagai upaya sebetulnya sudah dilakukan untuk mengurangi risiko kekeringan setiap musim kemarau.

Hanya saja, geografi di kawasan tersebut memang kekeringan saat musim kemarau karena minim sumber mata air. Karena itu, dia berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-sehari.

Distribusi air bersih sendiri dilakukan anggota polisi dengan melibatkan anggota TNI AD dan pemerintah desa setempat. Warga tampak antusias menyambut bantuan air bersih. Rencananya air tersebut akan digunakan untuk memasak, mandi, dan mencuci peranti rumah tangga.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...