Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Manfaatkan Liburan, Warga Desa Teluk Wetan Jepara Diajak Bikin Film “Dukun”


Proses pengambilan gambar pada film pendek “Dukun” yang diperagakan bocah-bocah di Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan, Kamis (21/9/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Memanfaatkan libur sekolah tahun baru 1439 Hijriyah atau tanggal 1 Suro, bocah-bocah di Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan membikin film, Kamis (21/9/2017). Film pendek bergenre humor itu diberi judul “Dukun”. 

Wikha Setiawan pengagas cerita dan pendiri Rumah Aksara Wilis bersaudara berujar, film tersebut mengisahkan seorang siswa yang terlalu percaya akan seorang dukun. Saking percayanya, anak tersebut sampai tidak belajar pada saat ujian.

“Nah ceritanya ada ayah yang meminta bantuan seorang dukun agar anaknya dapat lulus ujian akhir sekolah. Namun karena terlalu percaya kepada sang dukun, si anak sampai tak belajar jelang ujian. Endingnya, si anak tersebut tak lulus ujian,” katanya menjelaskan alur cerita.

Film ini, lanjut Wikha, diperankan oleh anak-anak asli Desa Teluk Wetan, seumuran anak sekolah SD dan SMP, sejumlah 20 orang. Lokasinya mengambil seting di sebuah sekolah dan beberapa tempat yang telah di set sesuai kebutuhan cerita. 

Selain Rumah Aksara Wilis Bersaudara, produksi film pendek ini juga menggandeng Komunitas Pojok Kidul dan Silent Candle Production.

“Tujuan pembuatan film ini adalah mengajak serta anak-anak untuk gemar berproses dan mengimbangi gempuran dunia digital yang kian menggerus pergaulan anak kecil. Selain bermain, bocah-bocah itu juga dilibatkan proses kreatif,” jelasnya, ditanya tujuan kegiatan itu. 

Rencananya, film ketiga dari Rumah Aksara Wilis Bersaudara itu akan diputar bertepatan dengan hari Pahlawan, pada Oktober nanti.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...