Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Meriah, Kirab Sendang Widodari Desa Menawan Kudus Diikuti Ratusan Warga

Kegiatan teatrikal dalam kirab Sendang Widodari Desa Menawan jadi tontonan warga, Kamis (21/9/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ratusan warga Desa Menawan, Kecamatan Gebog mengelar kirab Sendang Widodari, Kamis (21/9/2017). Kirab dimulai dari Balaidesa, dengan final di lapangan bumi perkemahan Menawan.

Kades Menawan Sholihin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tutin yang dilakukan setiap tanggal 1 Muharrom. Meski begitu, peserta kirab tak pernah surut. Buktinya, dalam kirab kali ini, setidaknya ada 500 peserta yang berpartisipasi.

“Ini merupakan kali kedua diselenggarakan. Dan tahun ini jauh lebih meriah lagi ketimbang tahun lalu. Karena kini terdapat teatrikal di ujung acaranya,” katanya kepada MuriaNewsCom usai kegiatan.

Menurut dia, sebelum mencapai finish, para peserta kirab harus berjalan sekitar 1,5 kilometer. Selama perjalanan, banyak warga yang menonton, lantaran termasuk event yang ditunggu-tunggu.

Dalam pertunjukan teatrikal, yang diangkat adalah kekeringan yang melanda kawasan Menawan puluhan tahun lalu. Saat itu, hanya sendanglah yang masih memiliki air, dan menyelamatkan warga setempat.

Ditambahkan, yang diangkat adalah sendang widodari, yang terdapat di dalam desanya untuk kebutuhan masyarakat. Sendang tersebut diketahui tak pernah kering dan hingga kini digunakan untuk kebutuhan warga.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...