Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pembangunan Gapura Plengkung di Jalan Kartini Jepara Bakal Disesuaikan Konsep City Walk

Gapura Plengkung kini telah dirobohkan, rencananya akan dibangun lagi sesuai konsep City Walk dan berciri khas Jepara. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Gapura Plengkung yang ada di kawasan Alun-alun Jepara dirobohkan. Rencananya, pemkab akan membangun lagi penggantinya disesuaikan dengan konsep City Walk yang tengah dikerjakan pada sepanjang ruas Jl Kartini. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Budiarto mengatakan, Gapura Plengkung penanda masuk kawasan alun-alun sudah tidak sesuai dengan kondisi lalu lintas. Hal itu karena bangunan tersebut menjorok sekitar satu meter pada bahu jalan, dan rawan menyebabkan kecelakaan.

“Nantinya akan dibangun gapura baru yang dibentuk sesuai denfan karakter Jepara, dengan ornamen ukiran,” katanya. 

Ia menyebut, hal tersebut merupakan upaya Pemkab untuk menata Jepara sebagai kota wisata yang modern. Oleh karena itu, pelebaran jalan di kawasan itu perlu dilakukan guna mempermudah pengguna jalan. 

Terkait City Walk di ruas Jl Kartini, nantinya lebar jalan akan diperluas menjadi 14 meter. Sedangkan trotoar di sisi kiri akan dibuat menjadi 4 meter, adapun sisi kanan akan berukuran 2 meter. 

Sementara di kawasan sekitar Masjid Baitul Makmur, lebar jalan akan menjadi 8 meter. Sedangkan trotoar pada sisi kanan dan kiri dibuat masing-masing 2 meter. 

Konsekuensinya, beberapa pohon berukuran besar yang ada di sepanjang jalan tersebut harus dipindah. Bahkan nantinya, pada sisi utara hanya akan diberi pot dalam ukuran besar serta ditanami tanaman rimbun. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...