Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Timun Miyabi Mulai Dikembangkan di Pati

Amin, seorang petani tengah menunjukkan Timun Miyabi yang mulai dikembangkan di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Timun varietas asal Jepang saat ini mulai dilirik petani di Kabupaten Pati. Mereka menyebutnya Timun Miyabi.

Nama itu terbilang unik, karena belum pernah disebutkan sebelumnya. Nama Miyabi sendiri diambil dari artis film biru dari Jepang, Maria Ozawa.

“Kami kurang begitu paham jenis varietas apa. Tapi yang jelas asalnya dari Jepang, sehingga kami asal menyebutnya Timun Miyabi,” ujar petani setempat, Sudiyono, Rabu (20/9/2017).

Timun tersebut punya banyak keunggulan, karena ukurannya yang super jumbo. Jika siap panen, ukuran timun itu lebih besar dari lengan orang dewasa.

Di Pati, bibit timun yang diambil dari Jepang itu mulai dikembangkan sekitar Agustus 2017. “Ini pertama kalinya di Pati,” tambahnya.

Timun Miyabi ditanam secara perdana di dua titik, yakni Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti dan Desa Pundenrejo, Tayu. Para petani tak perlu khawatir untuk penjualan, karena sudah ada kontrak jaminan beli.

Dari segi tekstur, timun dari Negeri Sakura itu punya daging yang lebih besar dan berwarna putih kehijauan. Ukuran fisiknya

yang siap panen mencapai lima lipat dari timun pada umumnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...