Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, Jalan Desa di Garung Kidul Kudus Dicaplok Perusahaan Beton

Anggota Komisi B DPRD Kudus mengecek lokasi perusahaan beton yang diduga mencaplok jalan milik Desa Garung Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Rabu (20/9/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Jalan desa sepanjang 150 meter dengan lebar empat meter di Desa Garung Kidul, Kecamatan Kaliwungu, diduga dicaplok PT Surya Jaya Beton. Jalan desa yang sebelumnya digunakan akses masyarakat kini dibuntu dan beralih menjadi kawasan perusahaan.

Ironisnya, aksi pencaplokan tersebut sudah dilakukan sejak 2014 lalu. Meski sudah sering kali diingatkan oleh pemerintah desa, namun peringatan tersebut tak pernah diindahkan. Bahkan terkesan tak dianggap.

Kasi Tata Pemerintahan Desa Garung Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Zubaidi mengatakan,  jalan desa tersebut beralih jadi perusahaan diawali dengan dibangunnya perusahaan PT Surya Jaya Beton.

“Panjangnya mencapai 150an meter, dengan lebar empat meter. Jalan desa kini jadi obyek perusahaan beton,” katanya saat disidak komisi B DPRD Kudus.

Dia menceritakan, perusahaan tersebut mula-mula membangun bangunan perusahaan pada sisi kiri dan kanan jalan. Namun lama kelamaan akses jalan desa dibuntu pada kedua ujung jalan dan menjadi bagian dari perusahaan.

Disinggung mengenai tindakan Pemdes Garung Kidul, dia mengaku sudah capek bilang ke perusahaan lebih jauh. Karena, pihak desa khawatir jika terus diusik akan dikira desa mencari-cari kesalahan perusahaan.

Sementara, Kades Garung Kidul Aan Setyawan menyebutkan, diambil alihnya jalan desa menjadi milik perusahaan memang sudah berlangsung sejak 2014 lalu. Desa berharap, dengan datangnya wakil rakyat akan membuat aset milik desa kembali.

“Kalau masyarakat menginginkan kembali seperti semula. Jadi masyarakat juga dapat memanfaatkanya,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...