Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anggota DPR RI Minta Kodim Amankan Isu Komunis di Pati

Anggota DPR RI Firman Soebagyo meminta Kodim untuk mengamankan isu komunisme di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Anggota DPR RI Firman Soebagyo meminta Kodim Pati mengamankan isu kebangkitan PKI. Sebab, isu tersebut rawan dimanfaatkan untuk memecah belah bangsa menjelang 30 September.

Instruksi tersebut dilakukan menyusul aksi massa yang mengepung Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Menteng, Jakarta Pusat. Akibat aksi tersebut, isu komunis kembali membanjiri lini media massa.

“Jangan sampai isu itu berpengaruh di daerah, termasuk Pati. Saya sudah meminta kepada Komandan Kodim Pati untuk mengamankan isu tersebut supaya Pati tetap aman dan kondusif,” ujar Firman, Selasa (19/9/2017).

Dia menegaskan, masyarakat harus mewaspadai ideologi komunis. Sebab, paham tersebut sudah secara resmi dilarang pemerintah dan bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Beberapa waktu lalu, kata Firman, atribut dan simbol komunis pernah ditemukan di Pati. Atribut bergambar palu dan arit tersebut sempat beredar dalam bentuk kaos dan bendera.

“Gerakan mereka ada yang terindikasi melemparkan wacana pembubaran Koramil dan Kodim, sehingga sangat patut diwaspadai. Karena jika itu terjadi, sudah pasti pertahanan negara menjadi lemah,” tambahnya.

Dandim Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma merespons permintaan Firman dengan terjun ke lapangan. Anggota Kodim kerap melakukan sosialisasi pemantapan ideologi Pancasila di tingkat desa.

Tak hanya itu, upaya pengerahan anggota dan intelejen sudah dilakukan sebagai respons atas isu kebangkitan PKI. “Kami pastikan Pati aman. Kalaupun ada, itu hanya isu-isu kecil yang sudah kami antisipasi,” jelas Andri.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...