Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Kata Dinas Kesehatan Terkait Obat Kuat dan Perangsang Palsu Buatan Warga Jepara

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara Dwi Susilowati (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Kesehatan Jepara meminta masyarakat berhati-hati dalam membeli obat ataupun produk jamu. Hal itu terkait dengan ditangkapnya seorang warga Dukuh Krajan, Dukuh Krajan RT 1/RW 1 , Desa Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo.

“Terkait penangkapan, kami tidak tahu, karena tupoksinya berbeda. Namun kami imbau masyarakat untuk waspada membeli produk kesehatan,” kata Dwi Susilowati, Senin (18/9/2017).

Dalam sisi pengawasan, pihaknya telah melakukan pantauan ke apotek-apotek resmi yang berada di Jepara. Disamping itu, BPOM pun telah melaksanakan fungsi tersebut.

Baca Juga: Polda Jateng Jebak Pembuat Obat Perangsang dan Obat Kuat Palsu dari Jepara

Dirinya meminta warga tidak gampang percaya atau tergoda akan produk kesehatan yang ditawarkan atau diiklankan. Menurutnya masyarakat perlu mengecek kredibilitas serta kandungan yang tertera pada obat maupun jamu.

“Jika telanjur membeli namun ragu, silakan lapor ke petugas kesehatan terdekat, bisa puskesmas atau kader yang ada di desa,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk tidak gampang membeli obat melalui jalur online. “Sebelum membeli sebaiknya memeroleh resep dari dokter yang terpercaya lalu beli di apotek yang jelas. Kalau ada orang yang menawarkan obat ke rumah-rumah jangan mudah percaya,” tuturnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...