Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Begini Kondisi Rumah Tempat Pembuatan Obat Kuat Palsu di Jepara

Rumah Muhammad Nazarudin (38) warga Dukuh Krajan RT 1/RW 1, Desa Jambu Timut, Kecamatan Mlonggo yang diduga sebagai tempat pembuatan obat kuat palsu nampak sepi tanpa aktivitas. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Penangkapan Muhammad Nazarudin (38) warga Dukuh Krajan RT 1/RW 1, Desa Jambu Timut, Kecamatan Mlonggo oleh Polda Jateng atas pembuatan obat kuat dan perangsang palsu memang mengagetkan warga Jepara, tak terkecuali warga dilingkungan tempat tinggalnya.

Ini lantaran, Nazarudin yang diduga memproduksi dan mengedarkan sendiri obat dewasa itu dikenal sebagai orang yang tertutup. Ia bahkan jarang bercengkrama dengan masyarakat terkait usahanya tersebut.

MuriaNewsCom yang menyempatkan diri untuk menyambangi kediaman tersangka, Senin (18/9/2017) tak menemukan apa-apa. Rumahnya tampak melompong. Hanya ada sebuah motor Yamah Vixion berwarna Putih Biru dan penjemur pakaian yang berada di teras.

Baca Juga: Polda Jateng Jebak Pembuat Obat Perangsang dan Obat Kuat Palsu dari Jepara

Garis polisi atau police line pun tak terbentang sedikitpun. Sepintas tak ada yang tahu rumah bercat tembok abu-abu menghadap ke selatan itu digunakan Nazarudin untuk membuat obat kuat laki-laki, obat perangsang wanita, hingga obat pelangsing.

Di sekeliling rumah juga nampak bersih. Meski begitu masih ada botol berkapasitas sekitar lima liter yang ada di sekitar tempat tinggal. Dari baunya, botol tersebut kemungkinan besar digunakan sebagai wadah zat kimia.

Beruntung, saat pintu diketuk, seorang lelaki yang mengaku bernama Wahid dan seorang rekannya membukakan pintu. Hanya, saat membukakan pintu keduanya terlihat begitu grogi.

“Wah Pak Nazarudin tidak ada di rumah, anak dan istrinya juga tidak ada di rumah. Barusan habis Dhuhur tadi pergi,” katanya.

Saat ditanya pekerjaan si empunya rumah, kedua lelaki yang mengaku juru antar jemput anak majikannya tak mau buka mulut. Mereka mengaku tak mengerti pekerjaan Nazarudin.

“Gak tau ya, kalau di rumah ya cuman bersihin rumah,” akunya sambil menolak untuk berbincang-bincang.

Baca Juga: Alamak!! Obat Kuat dan Perangsang Palsu Buatan Warga Jepara Ini Dipasarkan Melalui Online

Sebelumnya, jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng membongkar jaringan peredaran obat kuat dan obat perangsang palsu yang beroperasi secara online.

Polisi mengamankan Muhamad Nazarudin (38) warga Dukuh Krajan, Desa Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo, Jepara, beserta barang bukti satu pikap obat palsu siap edar.

Nazarudin diketahui sebagai peracik (pemroduksi) dan pengedar obat abal-abal yang diberi label dengan merk terkenal tersebut. Obat yang diproduksinya mulai dari obat kuat untuk laki-laki, obat perangsang wanita, hingga obat pelangsing.

Modus yang digunakan untuk mengedarkan obat-obat palsu ini dilakukan secara online, dan pemesanan melalui SMS.

Penangkapan dilakukan setelah tim Polda Jateng menjebak dengan memesan obat kepada tersangka. Obat palsu yang dipesan polisi itu digunakan sebagai barang bukti, hingga kemudian melakukan pemetaan rumah tersangka yang digunakan untuk memproduksi obat palsu.

AKBP Egy Andrian Suez, Kasubdit Industri Perdagangan dan Investasi Ditreskrimsus Polda Jateng, dalam jumpa pers, Senin (18/9/2017) mengatakan dalam membuat obat-obat palsu ini, tersangka hanya menggunakan bahan dan racikan asal-asalan. Bahan yang digunakan hanya kopi, serbuk purwoceng, dan obat tetes mata.

Egy menjelaskan, untuk membuat obat perangsang, tersangka hanya memasukkan air mineral biasa ke dalam botol kemasan. Air tersebut kemudian diberi obat tetes mata, kemudian diberi merk dan diedarkan secara online.

”Produk obat perangsang palsu ini dijual antara Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...