Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Darurat Kekeringan, 3 Desa di Pati Digelontor 7 Tangki Air Bersih

Forkopimda Pati bersama warga berfoto bersama di sela-sela penyaluran air bersih, Senin (18/9/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Tiga desa di Kabupaten Pati sujud syukur setelah digelontor tujuh tangki air bersih dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pati, Senin (18/9/2017).

Ketiga desa tersebut adalah Desa Sidomukti dan Mojoluhur, Kecamatan Jaken dan Desa Keben, Tambakromo. Rencananya, bantuan air bersih tersebut akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, terutama air minum.

Musim kemarau membuat ketiga desa tersebut dilanda kekeringan, sehingga kekurangan air bersih. Setiap tahun saat musim kemarau, ketiga desa itu sudah kerap dilanda kekeringan. 

“Kita mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada beberapa desa yang kekurangan air bersih. Kita tindaklanjuti dengan menyalurkan air bersih sebanyak tujuh tangki,” ujar Bupati Pati Haryanto.

Masing-masing tangki berisi 5.000 liter air bersih. Harapannya, bantuan tersebut digunakan untuk kebutuhan pokok, seperti memasak dan mandi.

Kepala Desa Mojoluhur, Sumarsono mengaku sujud syukur setelah mendapatkan bantuan air bersih. Selain berharap pada hujan yang turun, dia mengajak warganya agar memanfaatkan bantuan air bersih untuk kebutuhan pokok.

“Karakter tanah di desa kami memang mudah kekeringan. Kami berharap, bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat karena benar-benar dibutuhkan,” tandas Sumarsono.

Selain Bupati, distribusi air bersih juga dihadiri Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan dan Dandim Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma. Sementara warga yang menerima bantuan tampak kegirangan menyambutnya dengan membawa timba dan wadah air lainnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...