Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Guru Sekolah di Jepara Belajar Lirik Indonesia Raya 3 Stanza

 

Pengibaran sang Saka Merah Putih saat upacara bendera. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Pendidikan Kabupaten Jepara telah menginstruksikan pelantunan lagu Indonesia Raya secara penuh (3 stanza). Hal itu sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

“Sudah ada (instruksi menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza) sekitar 1-2 minggu ini. Suratnya kita sudah share ke sekolahan-sekolahan,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga  Jepara Khusairi, Senin (18/9/2017). 

Namun kenyataan di lapangan, banyak sekolah yang belum melantunkan Indonesia 3 Stanza. Hal itu karena belum ada pedoman atau pelatihan khusus yang diselenggarakan dinas pendidikan kepada guru-guru disekolahan. Selain itu, sebagian besar pengajar belum mengetahui lirik lagu kebangsaan tersebut. 

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Jepara Subandi. Menurutnya, pihaknya sudah menerima instruksi untuk menyanyikan lagu tersebut. 

“Kami masih latihan. Untuk instruksi tersebut (menyanyikan Indonesia Raya 3 stanza) sudah kami terima, sekitar dua minggu yang lalu, Namun sampai sekarang kami juga harus menyesuaikan,  karena untuk menyanyikan lagu itu pada upacara bendera kan harus pelan-pelan,” katanya. 

Di samping itu, hingga kini ia belum menerima petunjuk teknis terkait pelantunan lagu tersebut. Untuk sementara ia mengatakan, pihaknya hanya mengetahui lirik-liriknya dari internet. 

“Harapannya ada pelatihan dari Dinas Pendidikan memfasilitasi mengundang guru-guru, untuk berlatih lagu tersebut,” kata Subandi, yang juga Kepala Sekolah SMKN 2 Jepara itu. 

Hal serupa diungkapkan oleh Dedy Setiawan, guru SDN 3 Bringin- Batealit itu mengaku, murid-muridnya masih menyanyikan Indonesia Raya Stanza 1. 

“Tiap masuk, siswa-siswi di sekolahan kami melantunkan Asmaul Husna, kemudian Indonesia Raya versi Stanza 1 lalu Mars Jepara. Untuk yang 3 Stanza belum dilaksanakan,” katanya. 

Terkait hal tersebut, Dedy menyatakan akan mengajarkan murid-muridnya secara pelan-pelan. 

Sebagaimana diketahui, Kemendikbud Muhadjir Efendi menginstruksikan pelantunan lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pendidikan karakter kepada siswa-siswi sekolahan di Seluruh Indonesia. Selain itu, Dengan pelantunan secara utuh, diharapkan menimbulkan rasa nasionalisme. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...