Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Desa Wates Gelar Lomba Dolanan Bocah Ndeso

Ana-anak Desa Wates, Kecamatan Undaan mengikuti lomba bekelan. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Bagi Anda yang lahir sebelum tahun 90an pasti tidak asing lagi dengan Permainan ‘Bekelan’ (bekel). Permainan yang sangat klasik namun tetap asyik untuk dimainkan saat ini sudah mulai tergeser dengan mainan modern.

Padahal dolanan semacam ini sangat baik dalam melatih ketangkasan dan daya nalar anak dalam mengambil buah buah bekel secara cepat dan tepat.

Dolanan Bekelan ini dapat dimainkan secara berkelompok maupun sendiri. Hanya saja, biasanya dimainkan oleh anak perempuan minimal dua orang, jika temannya banyak maka yang lain menunggu giliran.

Permainan ini dilakukan dengan cara menyebar dan melempar bola ke atas dan menangkapnya setelah bola memantul sekali di lantai. Kalau bola tidak tertangkap atau bola memantul beberapa kali maka pemain dinyatakan mati.

Untuk melestarikan Dolanan Bocah ‘nDeso tempo dulu yang kian dilupakan, Panitia Sedekah Bumi & Sepekan Gelar Budaya Desa Wates Kecamatan Undaan menggelar Lomba Dolanan Bocah Ndeso.

Dalam lomba ini beberapa dolanan seperti Bekelan, Setinan serta Kepang Rambut akan dilombakan menjadi daftar utama dari Kegiatan Lomba tersebut. Rencananya Lomba ini akan dilaksanakan empat hari, yakni mulai 16-20 Agustus 2017.

Nah, bagi kamu yang ingin meramaikan silahkan daftar ke pihak panitia.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...