Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hebat, 2 Kelompok Tani di Grobogan Berhasil jadi Juara Tingkat Provinsi

262
Ketua Poktan Maju Desa Winong, Kecamatan Penawangan Guseri berfoto dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai penyerahan penghargaan. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Grobogan – Dua kelompok tani (poktan) di Grobogan berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Yakni, meraih juara I dalam lomba penyuluhan bidang pertanian tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kedua kelompok yang berprestasi masing-masing, Poktan Ngudi Rejeki I Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi. Poktan ini meraih juara I dalam kategori kelompok tani berprestasi komoditas kedelai.

Satu lagi adalah Poktan Maju Desa Winong, Kecamatan Penawangan. Poktan ini meraih juara I dalam kategori kelompok tani berprestasi komoditas padi.

Atas keberhasilan tersebut, kedua Poktan tersebut mendapat penghargaan dan hadiah yang diserahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat upacara HUT ke-67 Provinsi Jateng, di lapangan Simpanglima Semarang, Selasa (15/8/2017).

Penghargaan dari gubernur diterima langsung oleh ketua kelompok berprestasi tersebut. Yakni, Guseri selaku Ketua Poktan Maju dan Ketua Poktan Ngudi Rejeki I Darwoto.

Kepala Dinas Pertanian Grobogan Edhie Sudaryanto menyatakan, prestasi yang diraih kedua poktan itu dinilai sangat membanggakan. Sebab, untuk bisa jadi juara dalam lomba itu banyak aspek penilaiannya.

Antara lain mengenai, teknis budidaya mulai awal sampai panen, administrasi, unit usaha dan Kemitraan dengan pihak lain, pengelolaan hasil, aset atau modal, pola tanam, serta kegiatan yang sudah dilakukan.

Selain itu, dukungan dari pemerintah daerah dan petugas juga menjadi aspek penting dalam penilaian tersebut.

“Jadi, untuk bisa meraih juara tingkat provinsi ini tidak mudah. Oleh sebab itu, keberhasilan ini kita rasa sangat membanggakan,” katanya.

Editor : Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.