Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Kudus Peduli Petani Kopi Muria

Bupati Kudus Musthofa yang hadir dalam kesempatan tradisi wiwit di pegunungan Muria, Colo, Dawe, Selasa (8/8/2017). (Pemkab Kudus)

MuriaNewsCom, Kudus – Petani kopi di pegunungan Muria, Colo, Dawe, mendapat perhatian serius dari Pemkab Kudus. Hal ini tampak saat tradisi wiwit yang dihelat di wilayah itu, Selasa (8/8/2017).

Bupati Kudus Musthofa yang hadir dalam kesempatan menuturkan, agar hasil panen kopi ini bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Tentunya berimbas pada peningkatan kesejahteraan terutama para petani.

Untuk mengoptimalkan hasil panen ini, Musthofa meminta dinas terkait dan masyarakat proaktif untuk bersama mengoptimalkan hasil panen kopi. Agar sejak proses tanam, panen, hingga pengemasan dan pemasaran bisa memberi hasil maksimal.

“Pemerintah atau negara wajib hadir untuk memfasilitasi optimalisasi hasil panen kopi ini,” kata Musthofa disambut wajah sumringah petani kopi.

Ada tiga OPD yang diminta memfasilitasi. Yakni Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta Dinas Perdagangan. Ketiganya memiliki peran secara teknis mengoptimalkan hasil pertanian dan wisatanya.

“Termasuk objek-objek wisata produktif hasil diberdayakan. Apalagi kopi robusta di Muria ini selain potensi pertanian, juga sebagai wisata alam,” imbuhnya.

Momen ini dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kudus Masn dan sejumlah kepala OPD. Selain pula, hadir juga ratusan masyarakat setempat yang juga petani kopi yang hadir turut merasakan syukur atas hasil tanaman kopi pada tahun ini. Bersama Paguyuban Masyarakat Pelindung Hutan (PMPH), mereka saling berbaur akrab.

Musthofa tanpa canggung menikmati nasi ‘kepungan’ bersama dengan masyarakat. Ini sebagai wujud syukur atas hasil bumi dan berbagai nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...