Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini yang Bikin Istimewanya Objek Wisata Kura-kura Ocean Park, Sea Worldnya Jepara 

1.266
Pengunjung menikmati Kura-Kura Ocean Park atau KOP di Kabupaten Jepara, Sabtu. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Menikmati keindahan biota laut tak harus berbasah-basah menyelam. Di Jepara ada wahana bernama Kura-kura Ocean Park, Di dalamnya terdapat ratusan koleksi ikan, dari mulai ikan kembung hingga hiu sirip hitam. 

Kura-Kura Ocean Park atau KOP berada di dalam areal pariwisata Pantai Kartini. KOP berbentuk penyu raksasa berwarna cokelat. Untuk dapat masuk, wisatawan harus membayar tiket masuk Rp 17.500 bagi pengunjung dewasa, dan Rp 12.500 untuk mereka yang masih anak-anak. Wahana KOP sendiri buka setiap hari, Senin-Minggu dari pukul 08.00-16.00 WIB. 

Setelah membayar karcis, pengunjung dipersilakan memasuki pintu masuk yang terbuat dari baja tahan karat. Ketika pintu terbuka, pelancong akan disambut kolam besar berisi ikan raksasa yakni jenis Arapaima. 

Setelahnya, ada dua pilihan bagi pengunjung untuk melanjutkan petualangan air, berjalan ke sisi luar atau masuk ke wahana Misteri Bawah Laut. Jika memilih berjalan ke sisi luar, ada aquarium berukuran kecil dan akses untuk memandang laut lepas melalui beranda. 

Namun, jika memilih memasuki wahana Misteri Bawah Laut pengunjung akan dipertontonkan dengan biota laut. Di sisi kanan ada hiu sirip hitam yang berenang bersama penyu. Sementara di sisi kiri, ada fauna laut berupa kerapu, ikan kembung, ikan platar dan lainnya.  Sementara itu, di lantai dua ada wahana edukatif dan bioskop mini.

Wisatawan menikmati salah satu wahana Kura-Kura Ocean Park atau KOP di Kabupaten Jepara, Sabtu. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

 

Baskoro seorang pelancong asal Semarang mengaku telah tiga kali mengunjungi KOP. Bersama keluarganya, ia mengaku senang mengamati biota laut yang disuguhkan.

“Biota lautnya bagus, seperti wahana di Jatim Park. Saya datang bersama keluarga untuk menikmati tempat ini, karena di Semarang tidak ada yang seperti ini,” ujar warga Pedurungan Semarang ini, Sabtu (5/8/2017).

Sementara itu, Wulan pengunjung asal Solo juga mengungkapkan apresiasinya. Baru kali pertama berkunjung dirinya mengaku fasilitasnya cukup bagus. “Bagus tempatnya bersih, ikannya juga banyak,” jawabnya, yang datang bersama rombongan teman-teman kuliahnya.  

Meskipun demikian, pengunjung mengeluhkan wahana edukasi di lantai dua yang terkesan tidak maksimal. Hal itu karena berbagai permainan dan komputer interaktif nampak mangkrak, atau tak dihidupkan. “Tapi yang wahana edukasinya di lantai dua kurang maksimal. Sayang sebenarnya, padahal biota lautnya bagus,” ujar Baskoro.

Hal itu juga diungkapkan Lia. Ia menyebut KOP sebenarnya cukup representatif, namun tidak demikian dengan lantai duanya. “Yah masih kurang kalau di lantai duanya,” tutup warga Solo ini. 

 

Editor : Akrom Hazami

 

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Ruangan komen telah ditutup.