Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Terumbu Karang di Pantai Bondo Jepara Dijarah, Ini Respons Pemkab

Sejumlah pekerja UD Sumber Rezeki melakukan pengambilan karang di perairan Pantai Bondo Jepara. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Jepara – Terkait aksi pengambilan terumbu karang di sekitar laut wilayah Bondo sudah diketahui oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Jepara. Namun demikian, Kabupaten tidak bisa berbuat banyak lantaran pemberi izin adalah Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Provinsi Jateng. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jepara Wasiyanto menyebut masalah itu telah didengarnya. Dirinya mengatakan sudah menindaklanjuti aduan tersebut dengan melaporkan pada pemerintah provinsi. 

“Kami sudah melaporkan hal itu ke pemerintah provinsi dan DPRD Jawa Tengah.  Hal itu karena yang mengeluarkan izin adalah BKSDA Provinsi,” katanya, Jumat (4/8/2017).

Namun demikian dirinya menyayangkan hal tersebut, karena dirasa pengambilan terumbu karang dinilai nihil pengawasan. Meskipun telah berizin, namun wilayah tangkap koral berada di Jepara. 

Adapun, permasalahan pengambilan terumbu karang dipermasalahkan oleh warga Bondo. Adalah Nanang Cahyo yang kemudian mengadukan masalah itu ke berbagai pihak, termasuk wartawan. 

“Kami saja diminta memelihara karang, lalu kenapa ada pengambilan karang tersebut di wilayah ujung Bondo dan sekitar PLTU,” paparnya. 

Ia khawatir, jika terumbu karang di sekitar wilayah tersebut diambil dapat memengaruhi ekosistem ikan yang ada di perairan itu. Meskipun telah berizin, namun pihaknya minta pengambilan tersebut diawasi dengan ketat. 

“Kami pernah memergoki aktivitas tersebut, namun setelah kami tanya kepada orang yang mengambil karang katanya tidak tahu jenis kerang yang bisa diambil atau tidak,” akunya. 

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...