Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Manfaatkan Libur Lebaran dengan Berwisata di Kudus, Ini Lho

Taman Krida (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Lebaran biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Termasuk juga di Kudus. Tentu bagi warga yang biasa merantau, momen ini akan dimanfaatkan secara maksimal.

Di Kudus, ada sejumlah tempat wisata yang layak dikunjungi. Sebagian besar tempat dikelola pemerintah daerah. Objek wisata itu selalu ramai kunjungan.

 

  1. Colo
Taman Ria Colo. (MuriaNewsCom)

 

Lokasi pertama yang menjadi sasaran masyarakat adalah Gunung Muria yang terdapat di kawasan Colo. Sekali Anda menapakkan kaki di Colo, banyak objek wisata yang bisa dikunjungi.

“Colo banyak objek wisata, mulai dari Taman Ria Colo atau pesanggrahan, kemudian yang terkenal dengan air terjun Montelnya hingga wisata air tiga rasa Rejenu,” kata Kabid Pariwisata Kudus Wahyuningsih.

Untuk tiket masuk kawasan Colo, pengunjung dibebankan biaya sebesar Rp 2 ribu per orang, tahun ini. Kemudian di sejumlah lokasi wisata seperti di Taman Ria Colo, pengunjung ditarik biaya sebesar Rp 3 ribu per orang.  Biasanya saat Lebaran kawasan ini menjadi sasaran wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Yuli Kasianto menyebutkan, untuk kawasan wisata Colo beberapa tak dikelola oleh Pemkab Kudus. Seperti air terjun Montel dikelola Perhutani, serta air tiga rasa di Rejenu dikelola oleh masyarakat setempat.

Berdasarkan informasi, dalam mengunjungi kawasan Montel dan juga Rejenu, setiap orang dibebankan retribusi sebesar Rp 5 ribu. Bersiaplah melihat indahnya pemandangan alam yang masih hijau dan tertata apik secara alami.

Masih di Colo,  juga terdapat makam Sunan Muria, satu dari sembilan Walisongo yang sangat terkenal. Saat usai berziarah dan kaki keluar dari makam, pengunjung langsung disambut dengan pemandangan yang luar biasa.

“Kalau wisata di kawasan Colo, H+1 Lebaran buka. Karena masyarakat biasaya mulai berdatangan ke tempat wisata mulai Lebaran kedua,” ungkap Yuli.

 

  1. Hutan Pinus Kajar

 

Hutan Pinus Kajar (ISTIMEWA)

 

Selain Colo, wilayah wisata lain yang masih berada di kawasan atas adalah di Hutan Pinus Kajar. Dengan penataan yang apik itu, pastinya lokasi wisata alam dapat dinikmati oleh keluarga atau rombongan. Segudang foto dan perbincangan akan wisata tersebut juga banyak ditemukan dengan mudah. 

Objek wisata itu merupakan milik swasta, sehingga mereka bebas menaikkan tarif sesuai kebijakan pengelola. Informasi yang dihimpun, sekali masuk kawasan hutan pinus, biaya per orangnya sekitar  Rp 4 ribu.

 

  1. Museum Kretek
Museum Kretek (MuriaNewsCom)

 

Lokasi wisata lain yakni Museum Kretek. Di lokasi itu terdapat wahana edukasi dan sejarah kretek. Rumah adat kudus juga masih kokoh berdiri. Apalagi pada libur Lebaran, Museum Kretek menyuguhkan musik, yang semakin ramai.

Biaya masuk selama Lebaran, sejumlah Rp 3 ribu per orangnya.  “Kalau Museum Kretek juga kami buka H+1. Pokonya semua wisata Pemkab sudah buka saat lebaran. Kami juga menyediakan tenaga tambahan agar tidak kewalahan nanti,” ucap Yuli.

 

  1. Taman Krida
Taman Krida (MuriaNewsCom)

 

Selain itu, Taman Krida juga menjadi objek wisata yang bagus untuk berlibur. Sama halnya dengan museum, Taman Krida juga memiliki lokasi yang menarik dikunjungi. Dalam Taman Krida juga terdapat Taman Lampion yang menjadi sasaran liburan saat malam hari. Biaya retribusinya, sejumlah Rp 3 ribu. Biaya yang murah untuk berwisata di Kudus.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...