Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penggunaan Kartu Tani di Grobogan Sudah Dilakukan di 1 Kecamatan

Kabid Penyuluhan dan Sarana Prasarana Dinas Pertanian Latifawati saat menyampaikan penyuluhan kartu tani di Desa Kalisari, Kecamatan Kradenan beberapa hari lalu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Meski belum maksimal namun penggunaan kartu tani untuk penebusan pupuk sudah mulai dilakukan petani. Dari 19 kecamatan, sudah 17 kecamatan di Grobogan yang mengaplikasikan kartu tani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

Kabid Penyuluhan dan Sarana Prasarana Dinas Pertanian Grobogan Latifawati menyatakan jumlah petani yang terdata sebanyak 199.577 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 168.000 petani sudah dapat kartu tani.

Menurutnya, sebagian petani yang sudah menerima kartu tani mulai menggunakan untuk penebusan pupuk. Namun, banyak pula yang masih belum menggunakan atau mengerti cara penggunaannya.

Penggunaan kartu yang diterbitkan Bank BRI tersebut memang masih memerlukan penyesuaian bagi para petani. Untuk mempercepat penggunaan, dibuat percontohan di setiap desa dari masing-masing kecamatan.

Dia meminta kepada petani yang telah memegang kartu untuk melakukan uji coba sesegera mungkin. Sebab, nantinya pelaksanaan penggunaan kartu tani akan berlangsung serentak.

“Penggunaan kartu tani diberlakukan serempak untuk 22 kabupaten/kota di Jateng mulai September. Kami akan berupaya untuk bisa ikut serta per 1 September nanti,” jelasnya.

Ditambahkan, pelaksanaan penggunaan kartu tani juga mendapat dukungan dari produsen pupuk subsidi yang tergabung dalam Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). Bahkan, pihak PIHC memilih satu lokasi percontohan, yakni di Kecamatan Kradenan.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...