Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ketua DPRD Kudus Sidak Penyaluran Rastra, Minta Beras Berkutu Jangan Diterima

INFO DPRD KUDUS

Sidak penyaluran beras masyarakat sejahtera (Rastra). (Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus Masan menggelar sidak penyaluran beras masyarakat sejahtera (Rastra) di Balai Desa Pladen, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Senin (19/6/2017).

Masan mengatakan, sidak ini digelar untuk memastikan kualitas beras yang diterima warga baik dan sudah sesuai dengan ketentuan. “Jika ada beras yang kualitasnya buruk, berkutu, bau, atau berasnya lembut, dikembalikan saja. Jangan diterima. Laporkan ke camat agar diganti oleh Bulog,” katanya.

Dari pantauannya, beras rastra yang telah disalurkan kualitasnya baik. Beras itu merupakan beras panenan tahun ini, atau maksimal enam bulan berada di gudang penyimpanan beras milik Bulog.

“Dibanding tahun sebelumnya, kualitas rastra tahun ini lebih baik. Ini merupakan hasil dari desakan Pemkab Kudus agar Bulog menyalurkan rastra dengan kualitas baik untuk masyarakat di Kudus,” katanya.

Masan berharap beras seharga Rp 1.600 per kilogram yang telah disalurkan, dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga penerima. Terlebih saat ini menjelang Lebaran, harga-harga kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan.

“Beras rastra ini memang tidak diberikan kepada semua masyarakat. Ada syarat dan kategori penerimanya. Jadi bagi yang tidak menerima, jangan iri. Yang menerima juga tidak usah dipamer-pamerkan,” katanya.

Masan justru berharap warga yang tahun ini mendapat jatah rastra, tahun depan tidak lagi masuk dalam daftar penerima rastra. Itu artinya, tingkat perekonomian warga semakin meningkat.

Pada sidak kemarin, politisi PDI Perjuangan itu juga memberi kejutan kepada warga lanjut usia. Ia meminta sebanyak 12 warga yang usianya paling tua, untuk maju untuk menerima rastra gratis. “Uangnya disimpan saja, Rastranya biar saya yang bayar,” katanya.

Di Kudus, total ada sebanyak 35.166 keluarga penerima rastra. Camat Jekulo Dwi Yusi Sasepti mengatakan, ada sebanyak 4.773 keluarga di Kecamatan Jekulo yang mendapat jatah rastra tahun ini. Jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 288 keluarga, dari jumlah tahun lalu sebanyak 5.061 keluarga. Penyaluran rastra kini masih terus berlangsung di sejumlah desa.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...