Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kebakaran Marak Terjadi,  Ibu di Grobogan Diminta Cek Kompor Usai Masak

Petugas pemadam bersama warga sedang berupaya memadamkan api yang melalap kantin SMPN 1 Wirosari, beberapa hari lalu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Musibah kebakaran masih terjadi di Grobogan menjelang Lebaran. Peristiwa terbaru terjadi di Desa Temon, Kecamatan Brati, Rabu (21/6/2017) malam, sekitar pukul 19.15 WIB. Dalam peristiwa ini, satu rumah milik Mbah Jinem (67) yang tinggal di Dusun Calubung terbakar. Kebakaran ini disebabkan api tungku lupa dimatikan dan ditinggal Salat Tarawih.

Siang harinya, peristiwa kebakaran nyaris terjadi di Kampung Mekarsari, Kelurahan Kalongan. Kompor salah seorang warga sempat meledak namun tidak sampai menimbulkan kebakaran lantaran bisa ditangani.

Beberapa hari sebelumnya, peristiwa kebakaran juga sempat terjadi di SMPN 1 Wirosari. Satu bangunan yang dipakai untuk kantin hangus terbakar pada tengah hari. Terbakarnya kantir diduga akibat konsleting arus listrik.

Kasi Damkar Grobogan Sutrisno menyatakan, sepanjang bulan Ramadan memang banyak terjadi kasus kebakaran. Sebagian besar kebakaran disebabkan api dapur yang lupa dimatikan.

Sutrisno meminta warga, khusunya para ibu rumah tangga  agar berhati-hati ketika menyalakan api. Usahakan ketika menyalakan api tidak ditinggal pergi dan dipastikan aman lingkungan sekitarnya. Misalnya, dijauhkan dari barang yang mudah terbakar.

”Pastikan lagi api yang tadinya dinyalakan sudah dalam keadaan mati sebelum ditinggal pergi. Hal ini perlu dilakukan karena kebanyakan salah satu penyebab kebakaran  selama ini akibat keteledoran kita sendiri,” ungkapnya.

Ditambahkan, frekuensi bencana kebakaran di Grobogan sejauh ini boleh dibilang masuk kategori mengkhawatirkan. Pasalnya, setiap tahun angka kebakaran yang terjadi bisa mencapai 80 hingga 100 kali kejadian.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...