Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ketahuan Pakai SKTM Bodong, Calon Siswa Akan Dikeluarkan

Suasana verifikasi PPDB online di SMAN I Jepara, beberapa saat lalu. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN I Jepara tengah menelusuri ada tidaknya calon siswa yang menyalahgunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk masuk ke sekolah tersebut. Bila ditemukan maka akan mendapat sanksi berat. 

”Kita baru melacak apakah yang menggunakan SKTM untuk masuk di sekolah kita jumlahnya signifikan. Setelah itu baru kita telusuri,” ucap Haryono, Sekretaris Panitia PPDB 2017 SMAN I Jepara, Jumat (16/6/2017).

Perlu diketahui, pada tahun ini kuota siswa miskin mendapat porsi hingga 20 persen. Hal itu ditengarai rentan menimbulkan celah, penggunaan SKTM yang tidak sesuai peruntukannya. 

Dikatakan Haryono, jika pendaftar yang mempergunakan SKTM banyak, pihaknya akan akan menelisik secara ketat. ”Misalnya kalau orang tuanya pegawai negeri kan itu tidak benar. Sanksinya kalau dari provinsi harus dikeluarkan,” tegasnya.

Terpisah, Kepala SMAN I Donorojo Haryanto mengatakan, di sekolahnya tak begitu banyak siswa yang mendaftar menggunakan SKTM. Meskipun demikian, ia mengaku tetap memberikan kuota pada siswa miskin. 

”Kami menerima berdasarkan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP). Untuk pendaftar yang menggunakan SKTM tetap kami terima akan tetapi tidka dimasukan dalam sistem,” jelasnya. 

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...