Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peserta BPJS Luar Kudus Tetap Dilayani Selama Mudik


Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kudus Guna Setiawan. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Bagi para peserta JKN – KIS ( BPJS Kesehatan), Kudus  tidak usah risau jika terjadi kendala kesehatan selama mudik atau di kampung halaman. Sebab, BPJS mempermudah pelayanan dengan tetap memperbolehkan peserta dalam mendapatkan pelayanan meski bukan warga Kudus.

Kepala BPJS Kesehatan Kudus Dody Pamungkas melalui Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan Guna Setiawan, mengatakan,  pelayannya kepesertaan JKN – KIA atau BPJS harus tetap dilayani selama Lebaran, meski bukan pada tempat pengobatan sasaran sesuai kepesertaan.

“Ini merupakan program nasional dan tahunan, jadi jika pemegang kartu dalam kondisi emergensi maupun nonemergensi masih tetap dapat dilayani. Yakni dengan langsung datang ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS,” katanya saat konferensi pers, Kamis (16/6/2017).

Menurut dia, syarat mendapatkan pelayanan pertama adalah membawa kartu kepesertaan ke rumah sakit terdekat yang sudah tergabung BPJS. Jika di Kudus, semuanya sudah menerapkan hal itu. Setelah itu, barulah, dapat diberikan pelayanan setelah menunjukkan kartu.

Kartu tersebut, kata dia, nantinya digunakan untuk mengecek kepesertaan. Jika kartu masih aktif, maka pelayanan akan didapatkan oleh peserta BPJS tanpa terkecuali. Namun jika sudah pasif, peserta diminta membayar sesuai dengan tagihan kartu. “Siapa tahu selama mudik, terdapat gangguan kesehatan sehingga masih tetap dapat terlayani. Cukup menunjukkan kartu BPJS Kesehatan saja,” ujarnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...