Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Penyebab Kebakaran yang Meludeskan 5 Kapal di Pelabuhan Juwana

Seorang pekerja menunjuk salah satu kapal yang terbakar api di Pelabuhan Juwana, Rabu (14/6/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak lima kapal yang terparkir di kawasan tambat Pelabuhan Juwana ludes terbakar api, Rabu (14/6/2017). Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.

Sedikitnya 17 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Empat damkar dari Pemkab Pati disusul delapan unit mobil tangki air, dua damkar Pemkab Rembang, dan tiga unit damkar dari PT Garuda Food, PG Pakis dan Water Canon Polres Pati.

Pihak kepolisian memastikan penyebab kebakaran berasal dari percikan api yang diduga berasal dari pengelasan besi penyangga di atas kamar mesin KM Sido Mulyo Lestari. Percikan api yang membakar sebagian kapal akhirnya menjalar dengan cepat karena kondisi angin sangat kencang.

Akibat satu kapal yang mengalami kebakaran, empat kapal lainnya yang terparkir di dekat KM Sido Mulyo Lestari akhirnya ikut terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 8 miliar.

“Seorang tukang las, Bapak Hardi tengah mengelas stut kapal di KM Sido Mulyo Lestari menggunakan las diesel. Setelah pekerjaan selesai, dia keluar untuk mematikan diesel. Empat menit setelah kembali ke kapal, dia melihat api yang berasal dari kamar mesin,” ucap Kapolsek Juwana AKP Sumarni.

Pekerja yang melihat kondisi itu kemudian berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Lantaran api terlalu kencang, api sulit dipadamkan dan menjalar ke kapal lainnya.

Lima kapal yang terbakar, antara lain KM Sidomulyo Lestari milik Radi Kiswoyo, warga Pekuwon Juwana, KM Sido Tambah Rejeki milik Sutamin, warga Bajomulyo Juwana, KM Berkah Abadi milik Iwan, warga Bajomulyo Juwana, KM Tri Tambah Barokah milik Ahmad Ansori warga Bajomulyo Juwana, dan KM Rosidah Tambah Rejeki milik Diah Asih, warga Bajomulyo Juwana.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...