Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengangkatan Fosil Gajah Purba Banjarejo Grobogan Setelah Lebaran

Tim ahli Purbakala BPSMP Sangiran sedang mengumpulkan data awal saat berada di lokasi penemuan fosil gajah purba di Dusun Kuwojo, Desa Banjarejo, Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Upaya penyelamatan temuan fosil gajah purba jenis stegodon di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan, diputuskan dilakukan setelah Lebaran mendatang. Hal itu disampaikan Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran Sukronedi, Rabu (14/6/2017).

Menurut Sukron, dalam dua hari kemarin, pihaknya sudah menurunkan tim kecil ke Banjarejo buat melakukan observasi lapangan. Setelah melihat kondisi di lapangan, fosil yang ditemukan ternyata di luar prediksi.

“Ternyata fosil yang sudah terlihat terdiri dari beberapa bagian tubuh satu individu hewan purba. Ini merupakan temuan yang sangat luar biasa. Semula kita perkirakan penemuan fosil biasa seperti sebelumnya,” jelasnya.

Setelah melakukan observasi lapangan dan mengumpulkan data awal, tim memutuskan tidak akan buru-buru mengangkat fosil dari dalam tanah. Sebab, tim akan melakukan penelitian dan mengumpulkan banyak data dari lokasi penemuan fosil tersebut.

“Penemuan fosil terbaru di Banjarejo ini sangat istimewa. Di situs Sangiran saja belum pernah ditemukan fosil gajah purba atau stegodon selengkap ini. Sebelumnya, fosil stagodon yang ditemukan cukup lengkap ada di Pati Ayam, Kudus,” jelasnya.

Sukron menjelaskan, pasca-lebaran pihaknya akan mengirimkan tim lengkap yang terdiri dari berbagai latar belakang keahlian. Tim ini akan melakukan penelitian, pengkajian, penyelamatan dan mengungkap nilai-nilai penting dari penemuan benda purbakala terbaru yang ada di Banjarejo. “Habis lebaran kita kirimkan tim lengkap ke Banjarejo. Rencana, tim berada di sana satu bulan,” tambah Sukron. 

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...