Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siapkan Sistem Pertahanan Rakyat, Kodim 0718/Pati Latih Siswa Pramuka dengan Outbond

Anggota Pramuka Saka Wira Kartika dilatih anggota TNI AD bermain outbond, Senin (12/6/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan outbond kepada siswa yang tergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika, Senin (12/6/2017). Kegiatan tersebut untuk menyiapkan sistem pertahanan rakyat yang tangguh.

Pasi Teritorial Kapten Arh Sumaryono mengatakan, sosialiasi outbond dilaksanakan atas perintah dari komando atas. Pengenalan outbond bertujuan untuk menjalin kekompakan antaranggota Saka Wira Kartika.

“Outbond ini dirancang untuk membina sumber daya manusia (SDM), terutama generasi muda agar terbentuk kepribadian yang berkarakter, berdedikasi tinggi, disiplin, dan cinta Tanah Air,” ujar Kapten Arh Sumaryono.

Selain itu, peserta diharapkan bisa memiliki daya juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara melalui pembinaan gerakan pramuka. Terlebih, Pramuka Saka Wirakartika punya wadah penyaluran bakat dan minat yang sesuai dengan tugas TNI dalam menyiapkan sistem pertahanan rakyat.

Sejumlah permainan dalam outbond yang diikuti, di antaranya permadani terbang, buldoser, Hola Hop, water estafet, bola tali dan tongkat estafet. Mereka dipandu Serma Teguh, anggota TNI AD yang sudah mendapatkan pelatihan dari Markas Kodam IV/Diponegoro.

“Outbond ini sengaja didesain supaya peserta punya semangat cinta Tanah Air. Dalam kehidupan sehari-hari dan berorganisasi supaya mereka memiliki tanggung jawab, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Sebab, suatu organisasi tidak akan berjalan baik tanpa ada kerja sama, koordinasi dan komunikasi yang baik,” tuturnya.

Seusai mengikuti outbond, peserta mengikuti kegiatan buka bersama dengan anggota TNI AD. Mereka diajarkan bagaimana bangsa Indonesia harus punya kepribadian Pancasila di tengah arus globalisasi yang terus menggempur ideologi negara.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...