Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lokasi Penemuan Fosil di Banjarejo Grobogan Bisa Ungkap Banyak Informasi Purbakala

Tim ahli dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) saat tiba di lokasi penemuan fosil, Senin (12/6/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Setelah melihat kondisi di lapangan, tim ahli purbakala dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran memutuskan tidak akan buru-buru mengangkat fosil dari dalam tanah. Sebab, tim akan melakukan penelitian dan mengumpulkan banyak data dari lokasi penemuan fosil tersebut.

“Penemuan fosil kali ini beda dengan sebelumnya. Makanya, perlakuannya juga tidak sama,” kata Kasi Perlindungan BPSMP Sangiran Budi Sancoyo.

Data yang bisa didapat dari lokasi antara lain, lingkungan hidup purba di Banjarejo pada masa lalu. Kemudian, posisi fosil, tekstur tanah, proses sedimentasi juga bisa didapat dari lokasi penemuan fosil. Proses penelitian dan pengumpulan data akan dilakukan selama beberapa hari.

Terkait dengan kepentingan penelitian, salah satu upaya yang dilakukan adalah memperlebar lokasi penggalian. Hal itu dilakukan karena diperkirakan masih ada potongan fosil lain di sekitarnya. “Seperti saya sampaikan sebelumnya, penemuan fosil terbaru di Banjarejo ini sangat istimewa. Di situs Sangiran saja belum pernah ditemukan fosil gajah purba atau stegodon selengkap ini. Sebelumnya, fosil stagodon yang ditemukan cukup lengkap ada di Pati Ayam, Kudus,” jelasnya.

Stegodon merupakan hewan purba yang pernah hidup di Jawa sekitar 1 juta tahun lalu. Ukurannya sangat besar, tingginya hampir 4 meter dan panjang tubuh sekitar 6 meter. Jika ditambah dengan gading, panjang stegodon bisa sampai 9 meter. “Gading gajah purba stegodon panjangnya bisa sampai 3 meter. Kita punya koleksi yang sepanjang itu,” kata Kades Banjarejo Ahmad Taufik.

Taufik menyatakan, fosil yang ditemukan di areal tegalan di Dusun Kuwojo ada beberapa bagian tubuh. Bagian fosil yang terlihat jelas adalah kaki belakang bagian atas dan gading. Masing-masing potongan fosil ini panjangnya hampir 1,5 meter.

“Sebelumnya, fosil yang kita temukan hanya satu bagian tubuh saja. Misalnya, gading atau bagian kepala. Untuk penemuan terbaru ini memang luar biasa karena hampir komplit,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...