Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SMK Cordova Kajen Adakan Pesantren Kilat  

912
Siswa dan santriwati mengikuti kegiatan pesantren kilat. (Istimewa)

MuriaNewsCom,Pati – SMK Cordova Kajen, Pati bekerja sama dengan Komunitas Peace-Santren mengadakan training nilai-nilai perdamaian yang dikemas dalam kegiatan pesantren kilat, pada Jumat (9/6/17).

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 150 siswa SMK Cordova ini, santri dan santriwati PMH Al- Kautsar Kajen Margoyoso Pati dan Pondok Pesantren Ummul Quro’.

Kegiatan tersebut merupakan acara puncak dari pesantren kilat yang diadakan setiap tahun di Pesantren PMH Al-Kautsar asuhan KH Ahmad Zacky Fuad Abdullah yang mengelola SMK dan Madrasah Diniyah Formal.

Acara pesantren kilat yang berlangsung selama 15 hari tersebut difokuskan kepada pengenalan nilai-nilai dasar perdamaian dan anti kekerasan melalui training dan permainan.

“Nilai-nilai perdamaian tersebut seperti keberagamaan, memerangi ungkapan kebencian, rantai kasih sayang dan toleransi. Selama pesantren kilat, mereka juga mengkaji hadist-hadist Nabi Muhammad SAW, yang mengajarkan nilai-nilai perdamaian,” ujar Muhammad Niam, Kepala SMK Cordova, seperti rilis yang diterima MuriaNewsCom.

Dirinya juga menyatakan, jika nilai-nilai perdamaian dan anti kekerasan harus dijadikan salah satu tujuan pendidikan di lingkungan pesantren. Kurikulum Perdamaian dan anti kekerasan perlu dikembangkan di lingkungan pesantren.

“Dewasa ini ada beberapa pesantren yang dituduh terlibat kegiatan terorisme. Anggapan tersebut harus diluruskan melalui kegiatan-kegiatan seperti Peace-Santren ini,” imbuhnya.

Para peserta pesantren kilat Peace-Santren tampak sangat antusias dan gembira karena kegiatan-kegiatan dikemas dalam bentuk permainan-permaianan, outbond, hiburan dan  aktivitas-aktivitas ice breaking oleh para instruktur dari Komunitas Peace-Santren, yaitu wadah santri-santri alumni Sekolah Perdamaian Peace Promotion Institute Mathaliul Falah, Pati.

Komunitas ini mengembangkan modul-modul training nilai-nilai perdamaian dan anti kekerasan serta sering mengadakan training untuk sekolah-sekolah dan lembaga keagamaan di lingkungan Nahdlatu Ulama Pati.

Editor : Kholistiono

Ruangan komen telah ditutup.