Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polisi Gencarkan Razia Jaring Cotok di Rembang

Ratusan jaring cotok yang disita atau diserahkan secara sukarela kepada petugas di Kantor Polair Rembang beberapa waktu lalu.(MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Sat Polair Rembang mengintensifkan razia terhadap nelayan yang menggunakan jaring jenis cotok, karena mengancam kelangsungan ekosistem di perairan Rembang. Petugas menyisir perairan laut Rembang dan memeriksa nelayan.

Kasat Polair Polres Rembang Iptu Sukamto mengatakan, razia perlu ditingkatkan, sebab, masih banyak nelayan di Rembang yang menggunakan jaring cotok. Padahal, hal tersebut dapat mengancam kerusakan ekosistem laut.

“Dari sekitar 500 nelayan di Rembang yang menggunakan jaring cotok, 200 di antaranya sudah menyerahkan jaringnya secara sukarela ke petugas. Namun demikian, memang masih banyak yang menggunakannya. Makanya kita akan lebih gencara lakukan razia,” ungkapnya.

Menurutnya, sebelumnya, pihaknya juga telah menyosialisasikan kepada nelayan mengenai penggunaan jaring cotok yang dilarang. Namun demikian, belum semua nelayan meninggalkannya.

Dalam hal ini, katanya, pihaknya juga akan melibatkan nelayan cotok yang sudah sukarela menyerahkan jaringnya untuk bisa diajak patroli. Hal tersebut, supaya mereka bisa mengajak rekan-rekannya untuk bisa meninggalkan cotok tersebut.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...