Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Rencana Pembangunan Embung di Karimunjawa Masih Perlu Digodok

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Rencana pembangunan embung di Karimunjawa, masih memerlukan pengkajian. Namun demikian, hal itu disambut baik oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). 

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jepara Prabowo mengatakan, pihak dari BBWS mendukung hal itu. Ia telah melontarkan rencananya tersebut. 

“Kita sudah disuruh untuk membuar Detailed Engineering Design (DED). Namun demikian, masih memerlukan banyak pertimbangan, termasuk di antaranya memprioritaskan operasional Embung Kalimati di Bapangan,” ucapnya. 

Selain itu, kesulitan lain yang lain adalah penentuan lokasi embung. Hal itu karena, Karimunjawa sebagian besar merupakan wilayah taman nasional.

Pada rencana awal, kawasan teluk di Legon Lele akan dibuat sebagai calon embung di Karimunjawa. Hal itu pun telah dibicarakan dengan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Jepara. Lokasi itu dinominasikan, sebab wilayah tersebut telah terbentuk cekungan alami. 

“Kami masih menunggu perkembangan selanjutnya, hal itu terkait apakah lokasi itu milik taman nasional atau tidak. Jika milik taman nasional, maka kita akan mencari lokasi lain yang strategis,” tutup Prabowo. 

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...