Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Raih Hibah, FKIP UMK Adakan Workshop Lesson Study

Narasumber Sumar Hendayana, Ph.D saat menyampaikan keterangannya di Ruang Seminar lantai II, Gedung Pascasarjana Universitas Muria Kudus (UMK, mulai Kamis-Sabtu (8-10/6/2017). (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Workshop Lesson Study dengan tema, “Lesson Study for Learning Community dan Penyusunan Lesson Design and Teaching Material,” dengan menghadirkan Narasumber Sumar Hendayana, Ph.D  di Ruang Seminar lantai II, Gedung Pascasarjana Universitas Muria Kudus (UMK, mulai Kamis-Sabtu (8-10/6/2017).

Acara Workshop ini terselenggara berkat keberhasilan FKIP UMK memenangkan Hibah Lesson Study dari Kemenristekdikti tahun 2017. Dari 70 PTN/ PTS yang mengajukan proposal hibah Lesson Study. Hanya 15 proposal yang diterima, dan FKIP UMK termasuk bagian dari pihak yang berhasil memenangkannya.

Sumar Hendayana, Ph.D yang merupakan alumnus Clarkson University, New York, USA membawakan materi berjudul, Peningkatan Mutu Pembelajaran di Perguruan Tinggi melalui Lesso Study For Learning Community (LSLC). Acara ini utamanya diikuti oleh hampir semua dosen FKIP UMK. Selain itu ada beberapa dosen Fakultas Teknik UMK, dan perwakilan undangan dari beberapa guru. Total peserta sekitar 80 orang.

“Pelaksanaan hibah Sosialisasi dan Workshop Lesson Study ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di perguruan tinggi, kalau pembelajaran membaik, maka mutu mahasiswa akan meningkat, sehingga nantinya akan berdampak positif bagi mutu universitas.” kata Sumar yang juga merupakan Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jawa Barat.

Selain itu ada juga ada berbagi Ppngalaman implementasi Lesson Study  yang pernah dilakukan oleh Ibu Yuni Ratnasari, M.Pd. (Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMK), dan Ibu Rokhis Setiawati, M.Pd. (guru Ekonomi SMA N 1 Bae Kudus).

“Dengan Lesson Study dan  Lesson Design, Pembelajaran tentang Materi Ekonomi akuntansi dengan fokus Koperasi pada Kelas X IPS S yang saya lakukan dulu pada 18 April lalu atas bimbingan Bapak Sumar Hendayana. Alhamdulillah berjalan baik, pembelajaran lebih menarik, antusiasme dan mutu pembelajaran siswa meningkat. Selain pembelajaran di kelas, siswa juga saya ajak ke koperasi sekolah, sehingga siswa lebih tahu lebih jelas tentang materi koperasi, karena materi sangat kontekstual,” tutur Rokhis saat berbagi pengalaman di depan peserta.

Sharing yang kedua disampaikan oleh Yuni Ratnasari, M.Pd., yang telah melakukan Lesson Study hasil dari hibab Ibm Pendampingan Lesson Study KKG Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Juwana. “Pengalaman saya melakukan Lesson Study dengan saya sebagai guru model dan guru SD di Juwana Pati sebagai guru model tentang pembelajaran Lesson Study berbasis budaya lokal pati menjadikan kelas lebih hidup,” katanya.

Tahapnya di antaranya Perencanaan, Pelaksanan dan Refleksi. Ketiga siswa diberi tugas kelompok, hasilnya siswa bisa bekerja sama dan aktif. Siswa berani menjawab ketika ditanya siswa lainnya. Ketika open class dan banyak orang masuk, siswa tidak merasa terpengaruh dan tidak terganggu, malah siswa lebih semangat dan hasil pembelajaran meningkat dan lebih bermakna.

“Kegiatan hibah ini ada beberapa kegiatan, pertama Sosialisasi dan Workshop Lesson Study, nanti semester gasal ada open class yang dilakukan di tiga prodi di FKIP yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Bimbingan dan Konseling (BK), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan mata kuliah yang sudah ditentukan. Setelah itu diakhir kegiatan, ada acara seminar hasil,” tutur Dr Sri Utaminingsih, M.Pd. selaku ketua Tim LSLC UMK.

Ketua panitia workshop Drs Muh Syafei mengatakan workshop ini adalah hibah yang diterima UMK dari Dikti. “Alhamdulillas lolos dan dibiayai Dikti. Workshop ini adalah bagian awal pelaksanaan hibah. Tujuan kegiatan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengajaran dan pembelajaran dosen sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Syafei.

Sementara itu, Dr Murtono, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang I UMK mengatakandalam acara workshop ini pihaknya berharap narasumber memberi kiat-kiat praktis sehingga peserta terupgrade kembali untuk menjadi pengajar yang professional tanpa meninggalkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...