Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembanguan Rumah Khusus Nelayan di Kedungmalang Jepara Capai 55 Persen

Pekerja sedang melakukan pemasangan konstruksi rumah instan sederhana sehat (RISHA) untuk rumah khusus nelayan yang ada di Desa Kedungmalang, Kecamatan Kedung, Jepara, Rabu (7/6/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Pembangunan rumah nelayan di Desa Kedungmalang, Kecamatan Kedung,Jepara, telah mencapai tahap 55 persen. Fasilitas bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu, diperkirakan pada bulan September, bangunan tersebut sudah bisa ditempati. 

Hal itu dikatakan oleh Kabid Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Permukiman (Disperkim) Jepara Anisah Salmah. Menurutnya, fasilitas tersebut akan dipergunakan dengan cara menyewa. 

“Kemarin keputusannya untuk rumah khusus nelayan akan ditempati dengan cara menyewa. Saat ini progresnya sekitar 55-60 persen,” ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya yang menempati fasilitas tersebut adalah warga sekitar. Oleh karenanya, Disperkim telah memerintahkan kepala desa setempat untuk melakukan survei terhadap nelayan yang belum memiliki rumah. Akan tetapi, hal itu tidak menutup kesempatan bagi nelayan dari luar desa untuk dapat menempati rumah tersebut. 

“Meskipun yang menyurvei adalah kepala desa, namun penentuan siapa nelayan yang berhak untuk menempati fasilitas tersebut, tetap berasal dari dinas. Hal itu untuk menghindari like and dislike dari kepala desa,” tambahnya. 

Sebelum ditempati, ujar Anisah, terlebih dahulu akan dilakukan serah terima aset dari pemerintah pusat ke pemerintah kabupaten.  Ia mengatakan, pada tahun 2016 ditarget merampungkan 40 unit rumah nelayan, sementara pada tahun ini ada 50 unit yang akan dirampungkan. 

Sebelumnya, Kepala Desa Kedung Malang Fahrur Rozikin mengatakan, telah melakukan pendataan warga. Dikatakannya, ada sekitar 1.400 keluarga yang ada di wilayahnya. Namun demikian, untuk memperoleh fasilitas tersebut, akan diprioritaskan siapa saja yang lebih berhak menempati rumah khusus nelayan tersebut.

Editor : Kholistiono 

Comments
Loading...