Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Unik! Polsek Margoyoso Gelar ‘Kenduri NKRI’

Muspika Margoyoso menggelar “Kenduri NKRI” di halaman Mapolsek Margoyoso, Senin (5/6/2017) malam. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kegiatan yang cukup unik digelar Jajaran Polsek Margoyoso pada bulan suci Ramadan. Salah satunya, kegiatan “Kenduri NKRI” yang dihelat di Mapolsek Margoyoso, Senin (5/6/2017) malam.

Kenduri NKRI dihadiri seluruh anggota Polsek Margoyoso, Danramil Margoyoso Kapten Kav Bambang Sugiatmiko dan sejumlah anggota TNI AD, Camat Margoyoso Suhartono, perwakilan kepala desa, Banser, Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara, serta belasan anak yatim.

“Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk bermunajat di tengah perkembangan situasi isu keretakan bangsa. Meski Kenduri NKRI ini lingkupnya kecil, hanya di Kecamatan Margoyoso, kami bersama elemen warga dan anak yatim berdoa agar NKRI tetap aman, tentram dan jaya,” ujar Kapolsek Margoyoso AKP Sugino.

Mereka memotong tumpeng lengkap dengan ingkung ayam, buah-buahan, serta jamuan lainnya setelah didoakan. Tokoh dan masyarakat, termasuk anak yatim membaur menjadi satu untuk buka bersama.

Tidak ada sekat bagi mereka untuk berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Kenduri NKRI yang bertujuan untuk menjalin keakraban tersebut diharapkan menjadi wadah bila ada persoalan di tingkat kecamatan dapat diantisipasi bersama.

“Perkembangan isu persekusi tengah ramai diperbincangkan. Melalui wadah Kenduri NKRI, kami meminta kepada semua elemen masyarakat untuk tidak melakukan persekusi. Meski di Margoyoso aman dan tidak ada persekusi, tidak ada salahnya kita antisipasi dengan kegiatan kebersamaan semacam ini,” tutur AKP Sugino.

Seusai buka bersama, anggota polisi terlihat membawa kue dengan lilin menyala. Mereka memberikan kejutan kepada AKP Sugino yang memasuki usia 51 tahun. Kejutan itu sempat membuat sejumlah orang kaget, karena sepotong kue yang diiris AKP Sugino untuk ulang tahunnya langsung disuapkan kepada anak yatim yang paling kecil.

Sontak, tepuk tangan mewarnai serangkaian kegiatan Kenduri NKRI. Setelah bancaan selesai, mereka menggelar salat tarawih bersama di musala belakang Mapolsek Margoyoso.

Kapten Kav Bambang menuturkan, Kenduri NKRI menjadi cermin dari kecintaan pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat terhadap NKRI, termasuk Pancasila yang mengikat NKRI dengan Bhinneka Tunggal Ika. Dia berharap, munajat untuk NKRI pada bulan Ramadan dikabulkan.

“Ramadan merupakan salah satu bulan yang mustajab untuk berdoa. Kita tasyakuran bareng, buka bareng dan berdoa bersama dengan warga supaya selalu diberikan keselamatan di tengah isu keretakan bangsa dalam beberapa waktu terakhir,” pungkas Kapten Kav Bambang.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...