Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Melihat Keseriusan Anak-anak Mendengarkan Dongeng Islami Menunggu Buka Puasa

SERBA SERBI RAMADAN

Suasana kegiatan mendongeng di Kabupaten Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Ada banyak kegiatan yang dilakukan sambil menunggu waktu buka puasa. Seperti, pengajian singkat, membaca Alquran, hingga bagi takjil.

Ada juga yang menggelar acara dongeng Islami sebelum masuk waktu berbuka tiba. Seperti yang dilangsungkan di serambi Masjid Asy Syamiri Lathifah di Kampung Jetis, Kelurahan Purwodadi. Dalam acara dongeng ini juga diramaikan operet boneka untuk menghibur anak-anak sekitar masjid.

“Selama Ramadan, tiap minggu ada acara mendengarkan dongeng islami. Sehabis acara dongeng dilanjutkan buka bersama,” ungkap Supriyanto, salah satu takmir

masjid Lathifah, Selasa (6/6/2017).

Dijelaskan, acara dongeng Islami merupakan salah satu upaya mengenalkan anak-anak sekitar dengan masjid. Dengan adanya dongeng, anak-anak menjadi betah duduk berlama-lama di masjid dan serius menyimak cerita yang dibawakan Erwin Pambudi, sang pendongeng.

Masjid yang didirikan di atas lahan seluas 650 meter persegi itu mulai dibangun awal tahun 2015 lalu. Kemudian, peresmiannya dilangsungkan pada hari Jumat (6/11/2015) oleh Bambang Pudjiono, Bupati Grobogan saat itu. Usai diresmikan, siang harinya langsung dipakai untuk salat Jumat.

Pembangunan masjid dengan corak timur tengah itu menghabiskan dana sekitar Rp 900 juta. Selain swadaya masyarakat, sebagian dana pembangunan masjid berasal dari bantuan Pemerintah Arab Saudi melalui Yayasan Makkah Al Mukaromah.

Sementara itu, Erwin Pambudi menyatakan, melalui dongeng dan medium boneka membuat anak-anak cepat akrab dan mudah mendapat masukan. Sebab, sifat boneka yang lucu membuat anak-anak jadi senang.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...