Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Percantik Kawasan Menara Kudus, Pemkab Gandeng Seniman


Kawasan Menara Kudus akan ditata lebih cantik pada tahun ini, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus bersolek menata kawasan Menara. Di antaranya dengan merevitalisasinya, yakni dengan merencanakan pemasangan lantai granit.

Termasuk menggandeng seniman untuk mempercantik kawasan tersebut. Tujuanya biar kawasan yang ditata tampak bernilai seni tinggi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus Sam’ani Intakoris, di kawasan Menara, Senin (5/6/2017).

“Jadi jalannya akan di granit, dengan penataan yang apik. Modelnya juga memiliki unsur seni karenanya kami juga menggandeng sejumlah seniman asal Kudus untuk mendesainya,” kata Sam’ani.

Kawasan Menara Kudus merupakan identitas bagi Kudus. Jadi sudah selayaknya ditata sebaik mungkin, tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Dengan penataaan yang bagus dan memiliki unsur seni.

Menurut dia, pemasangan granit akan dilakukan setelah semua proses pengecoran usai. Saat ini, lokasi yang belum dicor adalah mulai Menara Kudus ke timur hingga depan kelenteng. Di sana masih dalam proses pembuatan drainase.

Rencananya, pemasangan granit akan dilakukan pada awal Juli mendatang. Sekitar 5 Juli, Granit akan mulai dipasang di sepanjang jalan kawasan Menara Kudus. Pembangunan tersebut, menelan biaya hingga Rp 9,8 miliar.

Pembangunan dilakukan di dua ruas jalan yaitu Jalan Menara sepanjang sekitar 493 meter, serta Jalan Madurekso dengan panjang kurang lebih 167 meter. Total panjang mencapai 660 meter. Sedang untuk lebar sekitar 5,1 meter.

Granit dengan kualitas yang bagus itu, secara hitungan mampu menampung beban 15 ton. Berbeda dengan granit lokal yang tak sekuat dan sekokoh granit bakar asal India tersebut.

“Kalau granit lebih mudah ditawar, dengan dibersihkan dengan air juga sudah beres. Dan kekuatan granit bisa mencapai 20 tahun,”pungkasnya.

 

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...