Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sebanyak 29 Calhaj di Jepara Lunasi Biaya Haji Tahap 2

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak 29 calon jemaah haji telah melunasi biaya haji di tahap kedua. Mereka adalah calon haji yang masuk dalam kategori penggabungan mahrom, pendamping lansia maupun gagal sistem. 

“Hingga senin (22/5/2017), telah ada 29 orang yang melunasi kewajiban mereka. Dengan demikian, sudah semua calon haji yang melunasi, karena kuota yang kita dapatkan adalah sejumlah itu,” kata Ali Arifin Kasi Haji dan Umroh Kemenag Jepara. 

Ia menyebutkan, dari kuota Jepara yang memperoleh 1.113 calon jemaah haji, sebanyak 1.074 calhaj telah melunasi biaya perjalanan haji pada tahap pertama. Kemudian, Ali menjelaskan, sisa sebanyak 39 kursi yang tak dilunasi dikembalikan lagi ke Kanwil Kemenag Jateng untuk menjadi kuota tingkat provinsi, yang digabungkan dengan kabupaten lain. 

Setelah menjadi kuota provinsi Jawa Tengah, lantas dibagi-bagikan pada kabupaten yang ada di provinsi itu. Adapun untuk Jepara yang memenuhi syarat sebanyak 29 calhaj, untuk periode pelunasan tahap kedua.

“Jadi mereka sebelum tenggat waktu telah menyelesaikan kewajiban mereka semua. Batasnya sampai tanggal 2 Juni 2017,” ujarnya.

Dirinya menyebut, pada pelunasan tahap dua, terdiri dari lansia sebanyak 10 orang, pendamping lansia 5 orang dan penggabungan mahrom 14 orang. 

Adapun setelah prosesi tersebut, para jemaah akan melalui proses manasik haji. Diperkirakan tahapan tersebut diadakan seminggu selepas Idul Fitri. “Belum kita rapatkan, namun rancangannya sesudah hari raya,” tutup Ali.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...