Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nelayan Cantrang Diminta Patuhi Komitmen untuk Ganti Alat Tangkap

413
Isi pakta Integritas yang ditandatangani oleh salah satu nelayan cantrang di Rembang.(MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Rembang, Sukoco, meminta kepada nelayan cantrang untuk mematuhi komitmen beralih alat tangkap, seperti yang sudah tertuang dalam pakta integritas beberapa waktu lalu.

Menurut Sukoco, dari 252 kapal cantrang yang berada di Rembang, sebagian besar pemiliknya sudah menandatangai pakta integritas untuk beralih alat tangkap mulai Juni 2017 mendatang.

Namun demikian, katanya, hingga saat ini nelayan masih enggan untuk berganti alat tangkap. “Memang sudah ada beberapa nelayan yang telah merekondisi kapalnya untuk beralih alat tangkap. Namun, secara formal, persentasenya baru sekitar 10 persen dari jumlah nelayan cantrang. Dari ke 10 persen itu, mereka merekondisi ke daerah Juwana. Yang lainnya reposisi menunggu kebijakan lebih lanjut,” ungkapnya.

Terkait hal ini, pihaknya terus melakukan berbagai pendampingan terhadap nelayan cantrang yang ada di Rembang dan melakukan pendekatan secara personal. Diharapkan, dengan cara itu, nantinya nelayan beralih alat tangkap. Karena, toleransi yang diberikan pemerintah untuk cantrang ini berakhir pada Juni 2017.

Selain itu, pihaknya juga sedang berupaya melakukan pendekatan dengan pihak perbankan, terkait permodalan nelayan. Karena, sampai saat ini, rata-rata nelayan masih memiliki tanggungan di bank hingga miliaran rupiah.

Editor : Kholistiono

Ruangan komen telah ditutup.