Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemprov Jateng Pastikan Tak Ada Kebocoran Soal USBN

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah Gatot B Hastowo (kiri) bersama Wagub Jateng Heru Sudjatmiko di Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah Gatot B Hastowo memastikan tak ada kebocoran soal USBN seperti yang diberitakan, beberapa waktu yang lalu. Dia memastikan setelah melakukan pengecekan secara langsung antara soal yang beredar via aplikasi WhatsApp (WA) dengan soal aslinya.

“Tidak ada soal yang bocor, kabar tersebut tidak benar karena memang tidak sama antara keduanya,” katanya di SMA 1 Bae Kudus, Jumat (24/3/2017).

Menurutnya, dia secara langsung yang melakukan pengecekan terhadap soal tersebut. Pengecekan bahkan dilakukan dengan sistem acak, untuk memastikan tak ada soal yang bocor. Hasilnya, dikatakan dengan tegas tak ada kebocoran soal sama sekali.

Dia mengatakan, di Jateng pelaksanaan USBN berjalan dengan aman. Bahkan di Kudus yang dikabarkan ada kebocoran soal juga tidak benar. Meski sempat mendapat perhatian lebih atas beredarnya soal, namun setelah dicek memang dianggap berbeda. “Lagipula ini USBN, jadi tidak terlalu berpengaruh kepada siswa. Berbeda dengan UN yang memang berskala nasional,” ungkapnya.

Dia mengaku soal yang dikerjakan bersumber dari pihak provinsi atau dinasnya. Namun segala upaya sudah dilakukan guna mengamankan soal tersebut. Termasuk dengan melakukan penyegelan terhadap soal tersebut meski bentuk file. 

“Kalau USBN memang sekolah masing-masing yang menggandakan. Itu sudah menjadi aturan, berbeda dengan UN yang sekolah menerima sudah dalam cetakan,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...