Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kepala SMA 1 Kudus Pastikan Tak Ada Kecurangan Soal USBN

Kepala SMA 1 Kudus Shodiqun saat menyampaikan ihwal dugaan kebocoran soal USBN pada wartawan, Rabu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Kedatangan Ombudsman ke SMA 1 Kudus membuat pihak sekolah kaget, Rabu (23/3/2017). Mereka tak mengira kalau Ombudsman sampai datang untuk menelusuri kabar bocornya soal USBN.

Kepala SMA 1 Kudus Shodiqun mengatakan , pihaknya dalam menjalankan USBN sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Bahkan, dalam hal percetakan soalnya juga menggunakan hal khusus untuk keamanannya.

“Kami di SMA se Kudus mencetak secara bareng. Kami cetak di sebuah percetakan di wilayah kota. Dan dalam mencetak itu juga dilakukan MoU (kesepakatan) untuk tidak membocorkan soal tersebut,” katanya yang juga Ketua MKKS Kudus.

Menurutnya, kesepekatan tersebut merupakan inisiatif menjaga keamanan soal. Dan dengan adanya kesepakatan tersebut diyakini tak ada yang membocorkan soal yang diujikan pada Senin (20/3/2017) kemarin di Kudus.

Dia meyakinkan kalau semua proses sudah dilakukan sesuai aturan. Apalagi, khusus di SMA 1 Kudus, para siswa malahan tahu kabar beredarnya soal usai mengerjakan. Jadi kabar tersebut sama sekali tak berpengaruh pada siswa.

Disinggung mengenai sejumlah soal yang sama, dijelaskannya itu hal yang lumrah. Karena, dalam ujian jelas ada kisi-kisi yang diberikan. Untuk itu kemiripan soal juga hal yang dimungkinkan dalam kasus tersebut.

“Kan tidak sama 100 persen. Dan yang membuat soal itu dari Jateng, kami hanya menyumbang soal 25 persen saja secara keseluruhan,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...