Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelaksanaan Kartu Tani di Pati Jadi Rujukan Nasional

Dewan Komisaris PT Pupuk Indonesia (Persero) saat meninjau pelaksanaan program kartu tani di Pati, Selasa (21/3/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pelaksanaan program nasional kartu tani yang dijalankan di Pati ternyata menjadi rujukan nasional. Hal itu diungkap Dewan Komisaris PT Pupuk Indonesia (Persero) saat meninjau pelaksanaan program kartu tani di Pati, Selasa (21/3/2017).

Komisaris Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bungaran Saragih mengatakan, progres pelaksanaan kartu tani di Jawa Tengah paling tinggi. Dari 35 kabupaten di Jawa Tengah, Pati dinilai menjadi daerah yang paling baik dalam pelaksanaan kartu tani.

“Di Indonesia, progresnya yang paling bagus adalah Jawa Tengah, sedangkan di Jawa Tengah, Pati yang paling bagus. Artinya, Kabupaten Pati layak menjadi rujukan nasional dalam hal pelaksanaan kartu tani,” tutur Saragih.

Penyediaan pupuk bersubsidi melalui kartu tani merupakan program dari pemerintah untuk menunjang ketahanan pangan nasional. Selain itu, kartu tani menjadi salah satu cara bagi pemerintah untuk memerangi mafia pupuk.

Karena itu, program dari pemerintah tersebut akan selalu dipantau pencapaiannya. Dari hasil pemantauan yang dilakukan, Pati dinilai memiliki kemajuan yang baik sehingga perlu menjadi percontohan secara nasional.

“Ini berlangsung sangat alami. Tidak ada istilah pilot project. Hanya saja, kemajuan Pati dalam hal pelaksanaan kartu tani sangat baik, kami kemudian memutuskan untuk menjadikan rusukan di nasional,” tuturnya.

Namun, dia mencatat masih ada kekurangan dalam pelaksanaan kartu tani di Pati. Penyebarannya sampai saat ini masih belum merata ke 21 kecamatan, baik data final petani yang mengikuti program maupun data pupuk yang akan disalurkan.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...