Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Saluran Gas Metan TPA Tanjungrejo Kudus Bakal Disalurkan ke Permukiman

Sumiyatun, menunjukkan pipa di TPA Tanjungrejo Jekulo yang dialiri gas metan, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Saluran gas metan yang terdapat di TPA Tanjungrejo, Jekulo, Kudus, bakal dimanfaatkan untuk masyarakat. Itu digunakan lantaran gas yang muncul sudah dianggap bisa membantu masyarakat.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup, Kudus, Sumiyatun menjelaskan, selama ini gas metan di TPA sudah banyak. Untuk itu, tinggal memaksimalkan manfaatnya saja untuk kalangan umum.

“Tahun ini, targetnya gas metan bakal digunakan untuk masyarakat sekitar. Jadi tinggal menambah saluran pipanya saja agar sampai ke permukiman warga,” kata Sumiyatun di Kudus, Sabtu (18/3/2017).

Menurutnya, masyarakat berhak untuk menggunakan fasilitas tersebut. Sebab bagaimanapun masyarakat sekitar TPA yang selama ini merasakan suka dan dukanya dekat TPA. Sehingga sudah sepantasnya mereka dulu yang diutamakan.

Sumiyatun mengakui, selama ini gas metan memang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Bahkan untuk kebutuhan TPA sendiri, gas metan dari tumpukan sampah juga tidak begitu dimanfaatkan.

“Sebenarnya gas metan tak melulu digunakan untuk pengganti gas elpiji. Namun bisa dikembangkan untuk energi listrik meski tak banyak. Dan sekarang, kami sedang mempelajari bagaimana caranya gas metan di TPA mampu menjadi daya listrik untuk penerangan di TPA,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...